Cerita Salsa Noer Nisamelia, Finalis Mojang Cimahi 2022 Jualan Produk UMKM Sejak Dini

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

11 Desember 2023 07:00 11 Des 2023 07:00

Thumbnail Cerita Salsa Noer Nisamelia, Finalis Mojang Cimahi 2022 Jualan Produk UMKM Sejak Dini Watermark Ketik
Salsa Noer Nisamelia, Finalis Mojang Cimahi 2022 (Foto: dok. pribadi)

KETIK, CIMAHI – Finalis Mojang Cimahi 2022, Salsa Noer Nisamelia, merupakan  mahasiswi semester 4 di Politeknik LP3I Kampus Cimahi. Remaja yang akrab dipanggil Salsa itu  bercerita pengalaman dirinya berjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sejak dini.

"Berjualan sudah saya lakukan sejak SD, awal mula minuman es yang dibawa ke sekolah. Lama kelamaan punya penghasilan sendiri. Nah uang hasil jualan ditabungin. Lanjut lagi masuk SMP jualan cilok yang barangnya berasal dari orang lain," kata Salsa kepada media online nasional Ketik.co.id, Senin (11/12/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @salsanoer_13 menambahkan, ia masuk SMA berjualan hampers seperti bucket bunga, bucket uang, hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, dan lain-lain. 

"Kemudian masuk kuliah, tetap melanjutkan membuat usaha, yaitu seblak kering yang diberi nama @nyablak_jontor. Usaha ini mulai dari lulus SMA sampai kuliah semester 4," ungkap Salsa yang hobi memasak, olahraga futsal dan berenang serta nonton film itu.

Dirinya merasa senang mencoba hal baru, salah satunya adalah berjualan. Dari berjualan, ia bisa mendapatkan berbagai macam ilmu seperti berlatih berbicara dengan konsumen dan melatih otak untuk mencoba hal baru dalam mengembangkan ide bisnis.

Foto Produk UMKM dari Salsa Noer Nisamelia, Finalis Mojang Cimahi 2022 (Foto: dok. pribadi)Produk UMKM dari Salsa Noer Nisamelia, Finalis Mojang Cimahi 2022 (Foto: dok. pribadi)

"Kemudian melatih kemandirian, mempunyai penghasilan sendiri, mengembangkan kerpribadian, melatihan diri untuk bisa menyesuaikam dengan customer, melatih kepemimpinan karena usaha sendiri jadi dituntut untuk bisa menghandle semuanya sendiri," ujar Dia.

Menurutnya, dengan cara membeli produk dalam negeri yang handmade, mampu mengembangkannya dengan cara mempromosikan produk UMKM buatan masyarakat. Hal tersebut sudah direalisasikan dengan upaya mempromosikan hasil produk UMKM KBB dan Kota Cimahi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Manfaatnya banyak, yaitu dituntut untuk bisa memasak dan melatih diri, menjadi tahu tentang bumbu-bumbu dapur,. Karena membuat produk sendiri jadi lebih murah untuk dijual kembali. Lebih puas saja kalau bikinnya sendiri serta apresiasi karena bisa masak dan hasilnya bisa dijual," tuturnya.

Ke depan, ia berharap usahanya bisa lebih berkembang lagi, dikenal banyak orang, mampu buka outlet dan hasil penjualan sebagian diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan, yaitu panti yatim piatu.

"Untuk generasi muda ayo bergerak sebelum terlambat, jangan banyak rebahan mumpung masih muda, perbanyak produktivitas supaya masa tuanya berkualitas tinggal duduk manis menikmati hasil di masa muda. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau nggak sekarang, kapan lagi?," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Salsa, yaitu:
1. Mojang Jajaka Kota Cimahi 2022 - 2023
2. Cimahi Best Student Politeknik LP3I kampus Cimahi sebagai mahasiswi aktif berorganisasi dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun untuk pengalaman yaitu:
1. Mengikuti sekolah futsal tahun 2019-2021
2. Mengikuti ilmu bela diri seperti Taekwondo 
3. Aktif berorganisasi di Politeknik LP3I Kampus Cimahi
4. Mengikuti IHT 101 Dj Arie Broadcasting School. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik UMKM Salsa Noer Nisamelia Finalis Mojang Cimahi 2022