Daftar Masjid di Kota Malang yang MenyediakanTakjil Gratis Selama Ramadan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

11 Maret 2024 10:16 11 Mar 2024 10:16

Thumbnail Daftar Masjid di Kota Malang yang MenyediakanTakjil Gratis Selama Ramadan Watermark Ketik
Masjid AR Fachrudin, salah satu masjid yang menyediakan takil gratis di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Melalui Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama pada Minggu (10/3/2024) lalu, 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa 12 Maret 2024. Momen ini tentunya ramai dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat untuk mencari keberkahan di bulan puasa.

Salah satunya ialah hubungan timbal balik yang kerap terjadi di masjid melalui pelaksanaan buka puasa gratis. Di Kota Malang banyak sekali masid yang menyediakan buka puasa gratis dan dijadikan sasaran oleh masyarakat khususnya anak kos. Tak hanya sebagai ladang berbagi, pembagian takjil gratis ini juga berhasil meramaikan masjid.

Berikut daftar masjid di Kota Malang yang menyediakan takjil gratis!

1. Masjid Nuruttaqwa
Kalian harus mengupayakan untuk datang di jam-jam awal sebelum buka puasa. Setiap bulan ramadan masjid ini sangat ramai dikunjungi jamaah yang ingin beribadah sekaligus menyantap menu-menu berbuka seperti beragam minuman hingga nasi kotak. Lokasinya berada di Jalan Bunga Dewandaru No. 58, Jatimulyo, Lowokwaru.

2. Masjid Al-Huda
Meskipun bukan masjid besar seperti Masjid Nuruttaqwa, namun Masjid Al-Huda selalu menyediakan buka puasa gratis kepada jamaah. Tak jarang banyak warga yang menitipkan makanannya ke Masjid Al-Huda untuk dibagikan kepada jamaah yang datang. Tak hanya mendapatkan nasi kotak, biasanya jamaah juga diberikan minuman manis, kurma, kue, dan makanan kecil lainnya. Lokasinya berada di Jalan Kendalsari, Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru.

3. Masjid Raden Patah
Masjid ini berada di dalam Kampus Universitas Brawijaya (UB). Tak hanya memberikan makanan untuk buka puasa secara cuma-cuma, di masjid ini juga sering mengadakan kajian rutin tentang keagamaan. Meskipun sering digunakan oleh mahasiswa, namun masjid ini juga terbuka untuk masyarakat umum.

4. Masjid AR. Fachrudin
Layaknya Masjid Raden Patah, Masjid AR Fachrudin juga berada di kompleks salah satu kampus swasta terbesar di Kota Malang yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Biasanya jamaah akan mendapatkan sebuah kupon untuk ditukarkan dengan makanan. Tak hanya makanan berat, Masjid AR Fachrudin juga menyediakan makanan ringan yang dapat digunakan untuk membatalkan puasa sebelum beribadah sholat maghrib.

5. Masjid Sabilillah
Masjid Sabilillah sudah setiap tahun menjadi jujugan mahasiswa dan masyarakat umum untuk berburu takjil gratis. Lingkungannya yang luas, adem, dapat menambah kekhusyukan beribadah. Menu buka puasa yang disediakan pun cukup bervariatif. Selain itu banyaknya jamaah di masjid ini juga membuat jumlah makanan yang disediakan tak kalah banyaknya. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani nomor 15, Kecamatan Blimbing.

6. Masjid Cahyaningati
Masjid ini selalu menjadi sasaran baik dari mahasiswa, warga sekitar, hingga masyarakat umum untuk berbuka puasa. Menu yang disajikan pun tak main-main, beragam makanan ringan, kue basah beraneka varian disediakan secara gratis kepada jamaah. Kalian harus memasuki kawasan Perumahan Permata jingga untuk dapat sampai ke Masjid Cahyaningati. Selama bulan ramadan nanti, jamaah akan diberikan kupon untuk ditukarkan dengan makanan. Selain itu jamaah juga dapat dengan bebas memilih menu pembuka untuk membatalkan puasa. Lokasinya di Perum Permata Jingga West Area Blok A-18, Jl. Puncak Borobudur, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru.

7. Masjid Al-Muhajirin
Seperti masjid lainnya, jamaah akan diberikan kupon untuk bisa mendapatkan takjil gratis. Untuk membatalkan puasa, jamaah akan diberikan air minum dan gorengan maupun makanan kecil lainnya. Masjid ini cukup ramai meskipun tidak seramai masjid lainnya sehingga jamaah tidak perlu khawatir kehabisan menu berbuka. Lokasinya di Jalan Bunga Cengkeh nomor 50, Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru.

8. Masjid Jenderal Ahmad Yani
Masjid yang berada di tengah Kota Malang ini juga memberikan menu buka puasa gratis bagi masyarakat. Biasanya menjelang berbuka jamaah akan dibagikan makanan kecil seperti gorengan, kurma, teh, air, dan lainnya. Bahkan pada ramadan kemarin masjid ini menyediakan nasi kebuli yang dapat dinikmati bersama-sama oleh para jamaah usai sholat maghrib. Masjid ini berada di Jalan Kahuripan nomor 12 Kecamatan Klojen.

9. Masjid Nurul Huda
Untuk mendapatkan takjil gratis, panitia akan membagikan kupon kepada jamaah yang datang. Takjil yang diberikan pun sangat banyak dan jamaah bebas mengambil sendiri menu yang disediakan. Nantinya setelah ibadah sholat maghrib berjamaah, kupon yang telah diberikan dapat ditukar dengan makanan atau nasi kotak yang berisi beragam varian menu. Masjid ini berada di Jalan Tlogo Indah nomor 3, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru.

10. Masjid Ibnu Sina
Di masjid ini takjil gratis akan disiapkan dan dibagikan langsung oleh panitia. Masjid ini sering didatangi oleh jamaah untuk beribadah sebab lokasinya yang berada di pusat keramaian Kota Malang. Untuk mendapatkan takjil gratis, jamaah dapat datang langsung ke Jalan Veteran nomor 8 Penanggungan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Takjil Gratis Buka Puasa Gratis Masjid dengan Takjil Gratis Buka Puasa Gratis Kota Malang Masjid Kota Malang Kota Malang bulan Ramadan