Dari Jombang, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Sampai di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

4 Oktober 2023 14:35 4 Okt 2023 14:35

Thumbnail Dari Jombang, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Sampai di Kota Batu Watermark Ketik
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Batu, Susetya Herawan menerima Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kabupaten Jombang, Rabu (4/10/2023) (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pemkot Batu menerima Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur, Rabu (4/10/2023).

Bendera diserahkan dari Kepala Satpol PP Kabupaten Jombang, kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Batu, Susetya Herawan, untuk kemudian diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kota Batu, Bambang Kuncoro.

Kepala Satpol PP Kota Batu, Bambang Kuncoro mengatakan, Kirab Pataka tersebut untuk mengingatkan masyarakat bahwa Provinsi Jawa Timur berulang tahun ke-78.

"Prosesi Kirab ini sudah dilaksanakan selama 2 kali, di 2022 dan tahun ini. Kirab Pataka 2023 berangkat dari Gedung Grahadi Surabaya pada 24 September dan akan kembali ke Gedung Grahadi pada 11 Oktober 2023,” katanya.

Bambang mengatakan, Kota Batu merupakan daerah tujuan ke-14 yang dilalui tim kirab. Dari yang sebelumnya berada di Kabupaten Jombang selanjutnya tim kirab dari Kota Batu akan membawa bendera tersebut mengitari Kota Batu. Kemudian dibawa ke Kota Malang.

Ada tujuh bendera yang dikirab kali ini. Yakni, Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja (Praja Wibawa), Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya), bendera logo Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur, dan bendera gempur rokok ilegal.

”Kirab Pataka di Kota Batu langsung berjalan dari Balai kota Among Tani Kota Batu, keluar ke Jalan Panglima Sudirman, Perempatan Gereja Jago ke Jalan Hasanudin, terus ke Jalan Suropati hingga TMP, Jalan Sultan Agung, Jalan Imam Bonjol sampai Batos menuju Jalan Pattimura, turun ke Jalan Ir. Soekarno dan langsung ke Malang,” terang Bambang.

Sekadar informasi, Bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya ini dikirab keliling 38 kabupaten/kota se-Jatim selama 18 hari, sejak 24 September. Selanjutnya, tim kirab akan kembali ke Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 11 Oktober. Kemudian, bendera pataka akan mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Provinsi Jatim pada 12 Oktober 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur jatim