Dari Wisata Tangguh, Selecta Malang Kini Jadi Wisata Tangguh Bencana

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

8 November 2023 04:43 8 Nov 2023 04:43

Thumbnail Dari Wisata Tangguh, Selecta Malang Kini Jadi Wisata Tangguh Bencana Watermark Ketik
Wisata Selecta di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Wisata Selecta di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu saat ini telah ditetapkan menjadi Wisata Tangguh Bencana. Direktur Utama PT Selecta Sujud Hariadi mengatakan saat pandemi covid 19 lalu, Selecta telah ditetapkan sebagai wisata tangguh dalam menghadapi covid 19.

"Harapannya jangan sampai ada kejadian bencana, namun kita harus tetap persiapan untuk meminimalisir adanya korban. Apakah itu kecelakaan di air, kebakaran atau huru hara kita harus siap," katanya, Rabu (8/11/2023).

Menurut Sujud, karena Selecta berada di bukit lereng gunung, terjepit diantara dua bukit, pihaknya mewaspadai bencana longsor, bencana di air karena Selecta memiliki kolam. Tidak hanya itu, Selecta juga memiliki dapur yang kemungkinan bisa menyebabkan kebakaran.

"Jadi Jawa Barat dan Jawa Tengah telah mendahului kita untuk pencanangan wisata tangguh bencana dan kebetulan. Masih ada kaitannya dengan pandemi covid-19 kemarin ya," tambah Sujud.

Lebih lanjut, Sujud menguraikan, pihak Selecta telah menyiapkan personel khusus dalam wisata tangguh bencana tersebut. Personel itu di bawah pembinaan langsung direksi PT Selecta, serta dilatih langsung oleh BPBD Kota Batu.

"Kita ada 25 personel khusus dari 250 karyawan Selecta. yang menjaga keselamatan dan kesehatan kerja itu ada. Sehingga kita mendidik mereka untuk tanggap bencana," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Wisata Selecta Wisata Tangguh Bencana