Dear Penderita Obesitas, Baca Manfaat Manggis

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

22 Juni 2023 20:06 22 Jun 2023 20:06

Thumbnail Dear Penderita Obesitas, Baca Manfaat Manggis Watermark Ketik
Kulit manggis juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit maupun jantung. (Foto: exoticanz)

KETIK, JAKARTA – Manggis bisa disebut buah asli Indonesia. Buah ini tumbuh di dataran tinggi di kawasan Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Dalam perkembangannya, buah ini menyebar ke Amerika Tengah dan negara-negara tropis lainnya.

Penyebaran ini tidak lepas dari manfaat manggis yang sangat bagus untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang menjadi incaran publik dunia adalah kulit manggis, yang bisa untuk obat herbal.

Sebut saja untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah infeksi dan manfaat kesehatan lainnya. Secara keseluruhan, manfaat buah tropis ini cukup banyak. Berikut manfaatnya:

Cegah Kanker

Beberapa tahun lalu manggis diketahui memiliki kandungan zat xanthones. Kandungan itu bersifat antioksidan yang bisa melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Selain itu, xanthones memiliki peran penting untuk mengurangi peradagangan.

Namun demikian, ada anjuran agar tidak mengonsumsi buah manggis secara berlebihan. Sebab, dampak yang ditimbulkan bisa menyebabkan perut kembung, kram, mual, muntah, bahkan konstipasi.

Kontrol Berat Badan

Buah ini memiliki serat yang cukup tinggi. Manfaat itu sangat cocok untuk mengontrol berat badan. Berdasar penelitian Journal of Medicinal Food, beberapa orang yang mengonsumsi 90-270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang ideal.

Sebelumnya para peneliti sudah melakukan uji coba terhadap tikus yang diberi manggis. Dalam tempo beberapa hari tikus yang diberi manggis mengalami penurunan berat badan. Hal ini berbeda dengan tikus yang tidak makan buah manggis.

Kontrol Gula Darah

Senyawa xanthone dalam manggis memiliki manfaat yang cukup banyak. Selain bersifat antioksidan, membantu menjaga kadar gula dalam darah. Namun begitu buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Diketahui kemampuan manggis mengontrol gula darah berkat kandungan xanthones. Selain itu, serat yang tinggi juga bermanfaat untuk penderita diabetes agar kadar gula dalam darah tidak makin melesat.

Redakan Radang Sendi

Sejauh ini manggis disebut-sebut sanggup mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita artritis (radang sendi). Lagi-lagi kandungan xanthone pada manggis memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Namun berdasarkan penelitian, senyawa bioaktif xanthones pada manggis bisa bermanfaat melawan peradangan, sekaligus melindungi berbagai organ tubuh. Termasuk sendi.

Jaga Kesehatan Jantung

BMC Complementary and Alternative Medicine dalam sebuah penelitiannya menyebutkan buah ini memiliki polifenol. Kandungan ini diyakni bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik.

Secara tidak langsung manfaat tersebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak ada salahnya Anda menyiapkan manggis di meja makan. (*)

Tombol Google News

Tags:

manggis kesehatan jantung kanker dibates Gula darah radang sendi