Debat Paslon Pilkada 2024 Digelar Tiga Kali, KPU Pacitan Beberkan Materinya

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

18 Oktober 2024 10:42 18 Okt 2024 10:42

Thumbnail Debat Paslon Pilkada 2024 Digelar Tiga Kali, KPU Pacitan Beberkan Materinya Watermark Ketik
Ketua KPU Pacitan, Aswika Budhi Arfandy saat membeberkan skema pelaksanaan debat dan logistik, Jumat, 18 Oktober 2024. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan mengumumkan jadwal dan materi debat publik pasangan calon (paslon) Pilkada 2024 yang akan digelar sebanyak tiga kali.

Debat ini akan menjadi bagian penting dari rangkaian kampanye resmi Pilkada Pacitan, dengan jadwal pertama pada 19 Oktober 2024 di halaman Kantor KPU Pacitan.

Ketua KPU Pacitan, Aswika Budhi Arfandy menjelaskan, tema pertama debat publik ini adalah “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah.”

Soal tempat, Aswika mengungkapkan bahwa KPU Pacitan berusaha menghadirkan suasana berbeda dengan meniru format debat KPU RI, untuk dilakukan di tingkat kabupaten.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang berbeda kepada Paslon. Pada debat selanjutnya kami akan mencari tempat yang lebih luas,” kata Aswika, Jumat, 18 Oktober 2024.

Debat kedua dijadwalkan pada 2 November 2024 dengan materi “Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menyelesaikan Persoalan Daerah.” 

Debat ketiga dan terakhir akan digelar pada 16 November 2024 dengan tema “Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten dan Provinsi dengan Nasional dan Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).”

Guna menjaga tertibnya acara, KPU Pacitan berkoordinasi dengan pihak pengamanan akan memberlakukan pembatasan jumlah peserta yang diizinkan masuk ke area debat. Termasuk mengatur lalu lintas di depan lokasi agar kondisi tetap steril dan kondusif.

"Penonton atau pengunjung yang tidak berkepentingan dilarang untuk masuk ke dalam area debat," jelas Aswika.

Debat yang akan berlangsung selama 120 menit ini terdiri dari enam segmen.

"Segmen pertama akan berisi penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua menjawab, pertanyaan panelis, ketiga dan empat akan memfasilitasi sesi debat antar Paslon, lima dan enam closing statement," tambahnya.

Panelis yang akan terlibat dalam debat publik ini merupakan perwakilan dari perguruan tinggi setempat.

"Kami sudah mengajukan permohonan kepada kampus-kampus di Pacitan, dan mereka akan mendelegasikan satu orang perwakilan sebagai panelis dengan menyatakan integritasnya pada pakta integritas untuk tidak berpihak," kata Aswika.

Selain mempersiapkan debat publik, KPU Pacitan juga sedang mengurus logistik Pilkada, termasuk penyortiran dan pencetakan surat suara yang dilakukan perusahaan cetak di Semarang.

Aswika menegaskan bahwa semua persiapan logistik berjalan sesuai rencana, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar.

Dengan dimulainya debat publik ini, diharapkan masyarakat Pacitan dapat lebih mengenal visi-misi dan program kerja yang diusung oleh masing-masing Paslon, sehingga mampu menentukan pilihan terbaik dalam Pilkada 2024.

Sekadar informasi, per 10 Oktober 2024, KPU Pacitan telah menerima kedatangan logistik di antaranya kotak suara 2.032 buah, segel plastik, 12.048 buah, tinta 2.008 botol, bilik suara: 4.016 buah dan segel 50.115 keping.

"Untuk formasi C-hasil kami masih melakukan penghitungan dan sortir. Surat suara rencananya akan dicetak akhir Oktober ini. Secara keseluruhan ami pusatkan digudang Bulog," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan KPU Pacitan