Diawali Istigasah, 3.128 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK UIN KHAS Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

22 Agustus 2023 07:32 22 Agt 2023 07:32

Thumbnail Diawali Istigasah, 3.128 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK UIN KHAS Jember Watermark Ketik
Pembacaan deklarasi mahasiswa baru saat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN KHAS Jember 2023 (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Sebanyak 3.128 Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023. 

Kegiatan PBAK ini diawali dengan istigasah dan secara resmi dibuka melalui sidang senat terbuka pada Senin (21/8/2023) dan akan berlangsung selama empat hari sampai 24 Agustus 2023. 

Tema yang diusung PBAK 2023 yaitu “Reaktualisasi Moderasi Budaya dan Agama sebagai Perwujudan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Menjaga Keutuhan Negara”. 

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Babun Suharto hadir secara langsung dan memberikan sambutan. Ia menyampaikan rasa bangga atas diterimanya ribuan mahasiswa baru.

“Atas nama rektor merasa bangga. Ini adalah jumlah yang luar biasa, saudara hadir dari seluruh penjuru Indonesia,” ungkapnya.

Ada beberapa mahasiswa baru yang berasal dari daerah 3T. Daerah 3T merupakan daerah yang tergolong ke dalam daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar. Mahasiswa baru UIN KHAS Jember tahun ini ada yang berasal dari Sebatik, Kalimantan Utara, yang berbatasan dengan Malaysia.

Ada juga mahasiswa yang berasal dari Maluku, Ambon kepulauan serta Nusa Tenggara Timur dan Papua. Terdapat pula dua mahasiswa yang berasal dari Thailand.

Foto Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto (Foto: Humas UIN KHAS Jember)Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

Tak ketinggalan, Prof. Babun mengingatkan para mahasiswa baru bahwa tujuan mereka yang utama adalah menuntut ilmu. Banyak ilmu yang akan diperoleh dari sebuah perjalanan akademik yang ditempuh melalui serangkaian pembelajaran di kampus.

“Satu tujuan anda di kampus UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ini tidak lain yaitu untuk menuntut ilmu,” ujarnya.

Ia meminta kepada mahasiswa baru untuk selalu mengedepankan pikiran dan hati dalam melakukan kegiatan-kegiatan kampus.

“Saya sangat berharap kepada generasi muda untuk menjadi mahasiswa yang mampu mengedepankan pikiran dan hati,” harapnya.

Rektor juga menceritakan sejarah berdirinya UIN KHAS Jember dari IAID hingga diakui menjadi universitas. Berbagai upaya dilakukan selama dua tahun ini dengan melakukan terobosan-terobosan yang terbaik dalam peralihan status IAIN menjadi UIN.

Di akhir kepemimpinannya yang kurang dari satu bulan ini, ia menyampaikan harapan besar kepada para penerus perjuangannya.

“Saya yakin di tangan rektor yang akan datang, kampus UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ini akan lebih berkembang, lebih maju untuk mencapai visi dan misi menjadi kampus yang terdepan, unggul di Asia Tenggara,” ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember PBAK 2023 maba Moderasi Beragama budaya Pengenalan Kampus