Digelar di Halaman SD Muhammadiyah, Salat Idul Fitri di KBD Diikuti Ratusan Jemaah

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

21 April 2023 02:28 21 Apr 2023 02:28

Thumbnail Digelar di Halaman SD Muhammadiyah, Salat Idul Fitri di KBD Diikuti Ratusan Jemaah Watermark Ketik
KH. Muhammad Fauzan Subroto, Lc dari Ponpes Al Fatah Sidoarjo saat memberikan ceramah dalam Salat idul Fitri yang digelar di halaman SD Muhammadiyah KBD, Jumat (21/4/2023). (M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Sebelum fajar menyingsing gema takbir yang sejak semalam menggema di kawasan Kota Baru Driyorejo (KBD) memanggil jemaah yang hendak melaksanakan Salat idul Fitri. Ratusan jemaah yang akan  melaksanakan salat tampak bergegas menuju ke halaman sekolah SD Muhammadiyah kawasan Jalan Panca Warna AU, Perumahan KBD. 

Banyaknya masyarakat yang menjalankan salat membuat takmir masjid  membuat saf salat baru. Tidak hanya itu banyak masyarakat memanfaatkan halaman depan rumah yang ada di wilayah tersebut. 

Masyarakat dengan khusyuk saat  mengumandangkan takbir. Sekitar pukul 07.00 WIB, Salat Id dimulai dengan diikuti ratusan jemaah yang mengikuti salat berjamaah tersebut.

KH. Muhammad Fauzan Subroto, Lc dari Ponpes Al Fatah Sidoarjo menjadi penceramah sekaligus imam  Salat Id tersebut. Dalam ceramahnya, usai menjalankan 29 hari berpuasa kita meraih kemenangan sehingga sebelum menjalankan ibadah kita dianjurkan untuk makan. "Sehingga sebagai pertanda sudah tidak lagi berpuasa karena kita sudah menang dengan menjalankan ibadah puasa selama 29 hari," ucapnya, Jumat (21/4/2023).

Banyak masyarakat yang datang untuk menjalani ibadah Salat idul Fitri. Meskipun adanya perbedaan dalam pelaksanaan Salat Idul Fitri, tidak membuat kekhusyukan dalam menjalani salat.

Salah satu jemaah Salat idul Fitri, Susanto mengaku tetap menghargai keputusan masyarakat yang hendak menjalankan ibadah Salat Idul Fitri. Sejak semalam, takmir masjid tetap mengumandangkan takbir. "Untuk menghargai masyarakat yang masih berpuasa, takmir masjid tidak menggunakan sound sistem yang besar sehingga tidak mengganggu masyarakat yang hari ini masih puasa," terangnya.

Susanto berharap dengan perbedaan menjalankan ibadah, tidak membuat menjadi masalah di dalam masyarakat. "Kita bisa lihat, bisa menghargai satu dengan yang lain untuk menjalankan ibadah," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran hari raya idul fitri mudik Idul Fitri salat Idul Fitri