Dosen Keperawatan Unusa Beri Pelatihan Dokter Kecil

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

28 Mei 2023 08:36 28 Mei 2023 08:36

Thumbnail Dosen Keperawatan Unusa Beri Pelatihan Dokter Kecil Watermark Ketik
Dosen Keperawatan Unusa Arif Helmi Setiawan memberikan pelatihan pertolongan pertama pada dokter kecil dari UPT SDN 145 Gresik, Minggu (28/5/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dosen Keperawatan dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Arif Helmi Setiawan, S.Kep., Ns., M.Kep memberikan pelatihan dokter kecil dan kader kesehatan kepada siswa SD. Kegiatan ini untuk memberdayakan Usaha Lesehatan Sekolah (UKS) di UPT SDN 145 Gresik.

Setelah mengikuti pelatihan ini, siswa diharapkan bisa membantu tim kesehatan dalam pertolongan pertama. Ini sebagai salah satu pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen Unusa ini.

"Pelatihan ini kami memberikan pelatihan bagaimana melakukan tindakan ketika adanya patah tulang dengan alat-alat sederhana seperti kain sebagai penyangga tangan yang patah tersebut," ucap Arif, Minggu (28/5/2023).

Arif mengatakan peran UKS di sekolah bisa lebih diperdayakan. "Karena nantinya siswa ini akan kami sematkan sebagai dokter kecil  di sekolah tersebut," ungkapnya.

Dokter kecil dan kader kesehatan yang sudah dilatih ini nantinya dapat membantu petugas kesehatan dalam pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selain itu,  pertolongan pertama pada penyakit (P3P), serta pengamatan kebersihan lingkungan sekolah. "Jadi mereka akan menangani pertama sebelum petugas kesehatan tiba di sekolah tersebut," kata Arif.

Arif menjelaskan sebelum pelatihan P3K dan P3P dokter kecil dan kader kesehatan mendapatkan sosialisasi tentang UKS, peran dokter kecil dan kader kesehatan serta nantinya mereka dibekali pengetahuan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).  

"Mereka juga diajarkan bagaimana cara mencatat hasil pengukuran berat badan dan tinggi badan secara benar di buku aku sehat, serta sanitasi lingkungan sekolah," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pengmas Pengadian Sekolah Dasar Unusa Keperawatan Unusa gresik