dr. Tiffanie Syofiantie, Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

24 November 2023 10:30 24 Nov 2023 10:30

Thumbnail dr. Tiffanie Syofiantie, Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023 Watermark Ketik
dr. Tiffanie Syofiantie, Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, BANDUNG – Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023, dr. Tiffanie Syofiantie, akrab dengan panggilan Tiffanie, gadis cantik asal Kota Bandung berprofesi sebagai Dokter Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Advokasi yang saya jalankan yaitu pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri sambil makan bekal (Peda Teri Sambal), mencegah stunting dengan edukasi gizi seimbang bagi ibu hamil (Candil), dan skring penyakit hipertensi pada usia produktif (Nasi Uduk)," kata Tiffanie kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Jumat (24/11/2023).

Alasan Tiffanie memilih advokasi terkait pemberian tablet tambah darah adalah karena program tersebut harus disebarluaskan dan diedukasikan secara berkelanjutan sebagai upaya preventif untuk menekan angka kematian ibu dan neonatus, serta anemia. 

"Karena remaja putri yang nanti akan menjadi calon ibu harus paham dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar generasi di masa mendatang menjadi generasi yang berkualitas dalam rangka mendukung Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Selain itu, pemilik akun media sosial Instagram @@tiffaniesyofie menyampaikan, bahwa stunting juga merupakan salah satu isu yang menjadi perhatian baik di provinsi Jawa Barat dan nasional. Angka stunting di Indonesia dinilai masih tinggi, yaitu menempati urutan kedua berdasarkan penelitian di tahun 2022 apabila dibandingkan beberapa negara lain di ASEAN.

"Asupan gizi menjadi penting dalam 1000 hari pertama kehidupan, karena itu program advokasi terkait edukasi gizi seimbang bagi ibu hamil untuk mencegah stunting menjadi penting untuk diperhatikan," ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan SDGs 2030 terdapat beberapa penyakit yg menjadi perhatian dunia internasional salah satunya Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit ini merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia dan menjadi silent killer, salah satunya adalah hipertensi. 

"Karena itu saya menaruh perhatian terhadap penyakit tersebut. Dengan melakukan skrining dan edukasi kepada usia produktif diharapkan masyarakat lebih aware dengan kondisi tubuhnya dan menghindari faktor risiko yang dapat membahayakan tubuhnya," beber Tiffanie yang hobi membaca.

Foto Advokasi dr. Tiffanie Syofiantie, Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023 (Foto: dokumen pribadi)Advokasi dr. Tiffanie Syofiantie, Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023 (Foto: dokumen pribadi)

Berdasarkan pengalamannya sebagai seorang dokter, kebanyakan masyarakat belum mengetahui dan memahami terkait permasalahan kesehatan tersebut. Sehingga, diharapkan melalui program advokasi dan edukasi terhadap masyarakat luas, mereka akan memahami terkait permasalahan kesehatan dan bagaimana mencegahnya. 

"Tidak hanya itu saja, tentu perlu dukungan dari lintas sektor untuk membantu agar program advokasi ini dapat mencapai sasaran dan memenuhi target yang diharapkan.
Untuk masyarakat luas terutama generasi millenial, mari bahu membahu bersama membangun Jawa Barat sehat lahir batin menuju Indonesia Emas 2045," tandasnya.

Sebagi tambahan informasi, Tiffanie memiliki prestasi dan pengalaman yang cukup membanggakan, di antaranya yaitu:
1. Peserta terbaik ke satu pada kegiatan Latsar CPNS Kabupaten Bandung Barat.
2. Winner Puteri Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023.
3. Pemenang kategori Favorit Puteri Duta Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik advokasi dr. Tiffanie Syofiantie Winner Duta Kesehatan Jawa Barat 2023