Dua Rumah Sakit Kota Batu Siapkan Layanan Kejiwaan Bagi Caleg Gagal Pemilu 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

11 Desember 2023 08:26 11 Des 2023 08:26

Thumbnail Dua Rumah Sakit Kota Batu Siapkan Layanan Kejiwaan Bagi Caleg Gagal Pemilu 2024 Watermark Ketik
Rumah Sakit Umum Daerah Karsa Husada di Jalan A. Yani Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dua Rumah Sakit di Kota Batu menyiapkan layanan gangguan jiwa bagi Caleg Kota Batu yang gagal kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, dua rumah sakit tersebut memiliki fasilitas layanan psikiater.

Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana Dinas Kesehatan Kota Batu, Susana Indahwati menguraikan, dua rumah tersebut yaitu RSUD Karsa Husada dan Rumah Sakit Baptis.

"Dua rumah sakit ini bisa melayani masyarakat dengan keluhan gangguan jiwa. Termasuk, antisipasi nanti apabila ada caleg depresi karena gagal," ujarnya, Senin (11/12/2023).

Susana menjelaskan, RSUD Karsa Husada menyiapkan satu dokter, sedangkan RS Baptis menyiapkan dua dokter spesialis kejiwaan. Diuraikannya, pelayanan psikiater tersebut meliputi, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku.

"Fasilitas tersebut bisa digunakan Caleg yang mengalami depresi atau gangguan mental akibat gagal bersaing di Pemilu 2024," lanjutnya.

Susana menegaskan, pada pemilihan legislatif tahun 2019, pihak tidak menerima laporan terkait adanya caleg depresi mengalami gangguan jiwa karena gagal. Meskipun demikian, hal tersebut perlu diantisipasi dengan adanya fasilitas psikiater tersebut.

"Hal tersebut perlu diantisipasi, meskipun pada periode Pemilu 2019 di Kota Batu tidak ada laporan Caleg yang mengalami gangguan jiwa karena gagal," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu RSUD Karsa Husada RS Baptis pemilu 2024