Forwas Gelar Lomba News Presenter

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

5 Maret 2023 16:52 5 Mar 2023 16:52

Thumbnail Forwas Gelar Lomba News Presenter Watermark Ketik
Salah satu peserta Lomba News Presenter yang digelar oleh Forwas. (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) menggelar Lomba News Presenter di Lippo Plaza, Minggu (5/3/2023). Bertemakan Coaching and News Presenter Competition 2023 dengan peserta dari berbagai daerah. Di antaranya dari Sidoarjo dan Surabaya, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Jember, dan bahkan ada peserta dari Sulawesi. 

Peserta dibagi dua kategor. pelajar dan umum. Hasilnya, kategori pelajar, juara 1 berhasil diraih oleh Rahcmi Raina Rahadatul dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, sementara juara 2 ditempati oleh Fiorellin Ilona, juga dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Juara 3 diraih oleh Ratri Anisa Saputri dari SMUN 1 Sidoarjo.

Sementara pada kategori mahasiswa dan umum, juara 1diraih oleh Linda Ariska dari Universitas Bhayangkara Surabaya. Juara 2 ditempati oleh Hafidya Salima dari Universitas Jember, dan Juara 3 diraih oleh Sinta Dwi M dari STKIP PGRI Jombang.

Enam juri sempat bingung saat harus menentukan siapa pemenangnya. Karena mereka yang masuk final, semua luar biasa penampilannya. Dalam membacakan berita maupun saat lomba reportase lapangan. 

Tiga juri utama ada Fatma Ayu Husnasari dari Metro TV, Ario Wibowo dari TVRI, dan Kyka Madona dari Kompas TV. Ketiganya bertugas untuk menilai kemampuan peserta dalam menyajikan news reporting. Sementara tiga juri lainnya ada Hidayat dari SCTV, Runik dari Kompas, dan Yoyok dari MNC. 

M Taufik, ketua Forwas mengatakan langkah ini sebagai upaya dalam menumbuhkan bibit news presenter dari berbagai daerah. "Melalui acara ini kita bisa mengetahui bibit-bibit news presenter yang saat ini cukup banyak," terangnya.

Acara ini juga langsung mendapat apresiasi sejumlah pihak. Bahkan, ada salah satu finalis yang langsung ditawari bergabung di sebuah televisi nasional usai acara. 

“Ini luar biasa. Sekali lagi kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak. Para peserta, para juri, panitia, dan semua yang terlibat acara ini,” lanjutnya. 

Ia berharap acara ini dapat memberikan motivasi dan wawasan baru bagi para peserta untuk terus berkembang di dunia jurnalistik. (*)

Tombol Google News

Tags:

News Presenter lomba Forwas Wartawan sidoarjo