Fresh Graduate Wajib Tahu, Ini Cara Berpakaian yang Baik Saat di Kantor

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

29 September 2023 23:03 29 Sep 2023 23:03

Thumbnail Fresh Graduate Wajib Tahu, Ini Cara Berpakaian yang Baik Saat di Kantor Watermark Ketik
Ilustrasi berpakaian di kantor. (Foto: Suna Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Semua persiapan dalam menggapai pekerjaan impian Anda akhirnya berbuah manis. Anda diterima di kantor yang selama ini Anda cita-citakan. Namun, semua masalah ternyata tidak berhenti sampai di sana. 

Sebaik apapun kemampuan yang Anda miliki, menghadapi hari pertama masuk kerja akan tetap membuat gugup. 

Ada beberapa aturan berpenampilan yang disarankan untuk ke kantor. Hindari tampil terlalu berlebihan, dan cerdaslah dalam berpenampilan. Percaya atau tidak, penampilan turut andil dalam perkembangan karier Anda. 

Dikutip dari jobstreet.co.id ini adalah cara berpakaian yang baik saat di kantor. 

Tampak rapi 

Yang paling penting adalah Anda terlihat rapi dan layak tampil, jadi selama Anda mencentang kotak ini, Anda berada di jalur yang benar. 

Prioritaskan kenyamanan di atas fashion 

Tidak masalah apakah Anda terlihat trendi atau tidak jika pakaian itu tidak pas, atau sepatu itu menyakiti kaki Anda. Ketidaknyamanan dan rasa sakit Anda akan terlihat, dan pasti akan mempengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja. 

Hindari terlalu banyak menampilkan bagian tubuh (untuk wanita) 

Jika Anda ingin dihormati sebagai profesional, Anda perlu berpakaian seperti itu. Jauhi atasan rendah dan rok ketat pendek-itu bukan pakaian perusahaan yang sesuai, biarpun kode berpakaiannya santai. 

Tetaplah sederhana 

Aksesori harus berkelas dan sesuai dengan pakaian, sementara parfum atau cologne apapun harus lembut dan menyegarkan daripada yang beraroma kuat. 

Berpakaian selayaknya bagian pekerjaan Anda 

Jika Anda seorang profesional kreatif seperti perancang grafis atau seniman visual, Anda diharapkan berpakaian lebih berwarna untuk mencerminkan kreativitas Anda. Demikian juga, jika Anda seorang pengembang perangkat lunak, Anda tidak diharapkan bekerja dengan setelan jas-itu akan terlihat aneh. Berpakaianlah selayaknya. Sekarang kita telah melewati peraturan dasar berpakaian. 

Untuk tips ini adalah cara berpakaian yang menyesuaikan dengan gaya mu atau tempat kerja mu. 

1. Smart casual 

Smart casual adalah gaya berpakaian ke kantor yang masih terlihat santai tapi tetap profesional. 

Hanya saja, baju yang kamu kenakan ke kantor ini bisa disertai blazer atau sweater modis yang membuatnya terkesan lebih rapi. 

Celana jeans yang terlalu casual mulai bisa diganti dengan celana bahan yang tampak lebih formal. 

Untuk sepatu, kamu bisa memilih menggunakan sneakers yang santai, atau sepatu tertutup lainnya yang lebih formal. 

2. Business Casual 

Business casual merupakan salah satu dress code yang paling banyak ditemui di kantor-kantor Indonesia.  

Walaupun terlihat profesional, baju kantor ini tidak mengharuskan menggunakan jas atau blazer yang terlihat sangat formal, kok.  

3. Business Profesional 

Kalau Anda bekerja di KAP, firma hukum, badan pemerintahan, atau instansi lainnya yang sering berada di situasi formal, baju kantor seperti inilah yang cocok untukmu. 

Pasalnya, Anda akan sering bertemu dengan klien-klien penting. Semoga cocok. (*)

Tombol Google News

Tags:

Berpakaian di kantor gaya berpakaian smart casual style bussiness casual bussiness profesional tips berpakaian