Gebyar Seni SDN Papringan 02 Lumajang untuk Beri Ruang Kreasi Siswa

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

9 Juni 2024 02:19 9 Jun 2024 02:19

Thumbnail Gebyar Seni SDN Papringan 02 Lumajang untuk Beri Ruang Kreasi Siswa Watermark Ketik
Acara Gebyar Seni SDN Papringan 02 Klakah (Foto : Abdul Fatah / Ketik)

KETIK, LUMAJANG – SDN Paprinagan 02 Kecamatan Klakah Lumajang menggelar gebyar seni yang menampilkan kreasi siswa dan didukung sejumlah PAUD dan TK di desa Papringan, Sabtu (08/06/2024).

Selain gebyar seni, acara juga diisi dengan pengajian umum yang dihadiri wali murid dan warga setempat.

Kepala Sekolah SDN Papringan 02, Siti Fatimah dalam sambutannya mengatakan, gebyar seni digelar untuk memberikan ruang kepada siswa dalam berkreasi baik dalam bentuk seni, maupun kreasi lainnya.

"Saya berharap dari sekolah ini nanti semuanya bisa menempuh pendidikan lebih tinggi dari guru-guru yang mengajar di sini," kata Siti Fatimah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Klakah Arif Mas'udi yang berharap acara gebyar seni ini bisa memberikan manfaat lain kepada masyarakat setempat.

"Kalau bisa tahun depan digelar lagi, karena disamping bisa melatih kreativitas siswa, saya lihat banyak sekali orang berjualan pada acara ini, sehingga manfaat ekonomi untuk masyarakat di desa ini," kata Mas'udi Arif.

Sementara itu Agus Irianto yang mewakili PGRI Klakah dalam kesempatan ini berpesan agar dalam pentas seni berikutnya lebih menggali potensi seni yang tumbuh dan berkembang di sekitar Kecamatan Klakah.

"Di Klakah ada seni Gelipang, ini seharusnya digali menjad potensi yang bisa ditampilkan, agar anak didik kita megenali betul budaya lokal di daerah ini," harap Agus Irianto.

Yang menarik dari pentas seni ini, ada kerja sama dengan lembaga pendidikan lainnya di desa Papringan, masing-masing PAUD Fathurahman 01 sampai 03 dan TK Az Zahra 01 yang letaknya tidak jauh dari SDN Papringan 02.

Keempat lembaga ini juga menampilkan kreasi seninya, hinga acara ini berlangsung dari pagi sampai malam hari.

Aneka tari ditampilkan, fashion show, bazar dengan aneka masakan lokal yang cukup menarik perhatian warga setempat.

Acara ini ditutup dengan pengajian umum yang di dalamnya juga menampilkan kreasi seni hadrah dari empat lembaga mitra pendidikan SDN Papringan Klakah.

Warga berharap agar acara ini terus digelar demi memupuk kreativitas siswa sekaligus melatih keberanian siswa.

"Walau butuh persiapan untuk tampil, tapi kami senang dengan acara ini," kata salah seorang wali murid.

Pentas seni SDN Papringan 02 ini mengusung tema "Membumi dengan Budaya, Melangit untuk Kreativitas". (*)

Tombol Google News

Tags:

SDN Papringn 02 Gebyar Seni berita lumajang hari ini