Gelar Pasar Murah di Desa Segaran, Disperindag Kabupaten Malang Berdayakan IKM Lokal

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

15 Oktober 2024 21:10 15 Okt 2024 21:10

Thumbnail Gelar Pasar Murah di Desa Segaran, Disperindag Kabupaten Malang Berdayakan IKM Lokal Watermark Ketik
Kepala Disperindag Kabupaten Malang M Nur Fuad Fauzi ketika membuka Pasar Murah di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan. (Foto: Binar Gumilang/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kegiatan pasar murah kembali digelar Disperindag Kabupaten Malang bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Kecamatan Segaran, Gedangan, Selasa, 15 Oktober 2024.

Pasar murah ini merupakan kali kedua. Sebelumnya digelar di Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Lawang. Kegiatan ini dibuka Kepala Disperindag Kabupaten Malang, M Nur Fuad Fauzi yang mewakili Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto.

Pada Pasar Murah yang digelar Disperindag Kabupaten Malang ini selain melibatkan ritel modern seperti Alfamart dan Indomaret, juga melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Disperindag Kabupaten Malang M Nur Fuad Fauzi mengatakan, selain menjual bahan pokok dengan harga di bawah pasaran, pasar murah kali ini juga bermaksud untuk memberdayakan IKM dan UMKM lokal.

"Cuma memang IKM dan UMKM berbeda. Kami memberdayakan IKM dan UMKM lokal yanh ada di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan ini," ujar Fuad ketika menjawab pertanyaan wartawan Ketik.co.id.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada potensi produk lokal unggulan di masing-masing desa. "Misalkan di Lawang kemarin IKM Lawang. Sekarang di Gedangan kami libatkan IKM Gedangan," kata mantan Kepala BPBD Kabupaten Malang ini.

Ia mencontohkan IKM Lokal di Gedangan adalah produksi madu. "Tinggal kemasannya kemudian mereknya yang belum," ucap Fuad yang pernah menjabat sebagai Kabag Prokopim atau Humas Kabupaten Malang tersebut.

Pihaknya juga terus melakukan pembinaan kepada IKM. "Tentunya kami melakukan pembinaan kepada IKM. Bagaimana mereka untuk pengurusan halalnya, NIB, PIRT, SNI dan lain-lain. Termasuk juga mereknya," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan stakeholder terkait. "Kami juga berkolaborasi tidak bisa berdiri sendiri. Seperti permodalan kami melibatkan Dinas Koperasi," tuturnya. 

Sebagai informasi, Disperindag Kabupaten akan menggelar Pasar Murah di lima tempat lainnya. Yakni, Kamis 17 Oktober 2024 bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Selasa 22 Oktober 2024 bertempat di Lapangan Dawung Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo.

Kemudian, Sabtu 26 Oktober 2024 bertempat di Pasar Sentra Desa Sitirejo Kecamatan Wagir, Senin, 28 Oktober 2024 bertempat di Pendopo Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran dan Kamis 31 Oktober 2024 bertempat di Kantor Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Murah Disperindag Kabupaten Malang Kabupaten Malang Pemkab Malang Desa Segaran Gedangan