Hari Hipertensi Sedunia, Tropicana Slim Gelar Kampanye Beat Hypertension dan Cek Tensi Massal

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

18 Mei 2024 09:15 18 Mei 2024 09:15

Thumbnail Hari Hipertensi Sedunia, Tropicana Slim Gelar Kampanye Beat Hypertension dan Cek Tensi Massal Watermark Ketik
Peserta acara Beat Hypertension dan cek tensi massal oleh Tropicana Slim di Nutrihub, Surabaya, Kamis (17/5/2024). (Foto: dok. Tropicana Slim)

KETIK, SURABAYA – Memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh setiap 17 Mei, Tropicana Slim mengajak masyarakat Indonesia untuk tingkatkan kesadaran dalam mencegah, melakukan deteksi dini, dan mengendalikan hipertensi.

Ajakan itu dikemas melalui kampanye Beat Hypertension dan cek tensi massal serentak di 42 kota se-Indonesia, Kamis (17/5/2024).

Salah satu kota penyelenggara adalah Surabaya. Di kota Pahlawan gelaran itu berlangsung di gedung Nutrihub Surabaya.

Dalam pelaksanaannya, Tropicana Slim turut menggandeng InaSH (Indonesia Society of Hypertension), OMRON, dan Shopee. Hipertensi dikenal sebagai penyakit tanpa gejala yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan organ penting lainnya.

Saat ini, fakta menunjukkan bahwa hipertensi tidak lagi penyakit yang hanya diderita oleh orang tua, namun juga dapat menyerang kalangan usia yang lebih muda.

Berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah, satu di antara tiga orang Indonesia menderita hipertensi dan ironisnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya hipertensi. Itu karena hanya sekitar satu dari delapan orang dewasa Indonesia yang rutin mengukur tekanan darah

Foto kampanye Beat Hypertension Tropicana Slim (Foto: dok. Tropicana Slim)kampanye Beat Hypertension Tropicana Slim di Nutrihub Surabaya (17/5/2024). (Foto: dok. Tropicana Slim)

Di Indonesia, terdapat 20% orang berusia 25-34 tahun dan lebih dari 30% orang yang berusia 35-44 tahun yang mengalami hipertensi.

“Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengontrol jumlah asupan garam harian dan melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin, maka edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan pencegahan hipertensi sedini mungkin perlu terus digalakkan,” ucap Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim.

Ia menyebut kegiatan ini sebagai wujud komitmen Tropicana Slim dalam mengampanyekan gaya hidup sehat lawan hipertensi, bersama berbagai mitra strategis, yang menargetkan 10,000 peserta.

Adapun rangkaian program Beat Hypertension 2024, meliputi talkshow dengan dokter, pengecekan tekanan darah massal bersama OMRON sebagai upaya deteksi dini hipertensi, food tasting menu sehat rendah garam, hingga memberikan tips cerdas cegah hipertensi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk video “10 Smart Tips to Beat Hypertension” yang dapat diakses dengan mudah.

“Sebagai alternatif, produk kondimen lebih rendah garam Tropicana Slim, seperti kecap manis, kecap asin, kaldu jamur, saus tiram, dan berbagai produk lebih rendah garam lainnya dapat bermanfaat mengontrol asupan garam harian tanpa perlu mengorbankan rasa masakan,” tambah Noviana Halim.

Melalui platform yang dimiliki, Tropicana Slim konsisten menyampaikan edukasi seputar hipertensi, salah satunya melalui kanal website Tropicana Slim.

Dr. Eka berpesan agar jangan lupa cek tekanan darah untuk deteksi dini hipertensi. Bagi yang berusia di bawah 40 tahun disarankan melakukan cek tekanan darah setiap 3-5 tahun sekali. Sementara itu, bagi mereka yang berusia di bawah 40 tahun namun memiliki faktor risiko, misalnya obesitas, dianjurkan untuk mengecek setiap tahun.

“Setelah berusia di atas 40 tahun, pengecekkan tekanan darah lebih rutin sangat disarankan, apalagi jika memiliki masalah kesehatan kronis,” tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Hipertensi Sedunia Tropicana Slim kampanye Beat Hypertension Cek tensi massal