Ini Kegunaan Bermain Teka-teki Bagi Anak, Banyak Manfaatnya lho!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

16 September 2024 12:01 16 Sep 2024 12:01

Thumbnail Ini Kegunaan Bermain Teka-teki Bagi Anak, Banyak Manfaatnya lho! Watermark Ketik
Permainan teka teki berguna mendukung tumuh kembang anak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bermain memiliki peranan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Bermain dapat menstimulasi fisik dan mental anak. Salah satu permainan yang yang memiliki manfaat besar adalah teka-teki.

Dengan bermain teka teki dapat meningkatkan daya pikir dan kreativitas anak dalam memecahkan masalah. Untuk tingkatan teka teki yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia anak.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini beragam manfaat bermain teka-teki bagi anak.

1. Melatih Anak Berpikir Kritis

Dengan bermain teka-teki, anak akan dipaksa berpikir kritis untuk mencari solusi tantangan yang dihadapi. Hal ini akan membantu anak untuk memecahkan masalah sendiri saat sudah beranjak dewasa.

2. Melatih Kesabaran

Permainan teka-teki tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang harus dipecahkan. Hal ini bermanfaat melatih kesabaran anak karena memecahkan teka-teki memerlukan waktu. 

3. Melatih Motorik Halus

Selain bermanfaat untuk kecerdasan berpikir, bermain teka-teki juga berguna untuk melatih kemampuan motorik halus anak. Dengan bermain teka-teki, contohnya puzzle anak akan menggunakan tangannya untuk menyusun permainan tersebut. 

4. Mendorong Kreativitas 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bermain teka-teki bagi akan mendorongnya untuk berpikir kreatif. Hal ini karena anak harus memecahkan masalah dan berpikir out of the box. Hal ini mengembangkan kemampuan imajinatif yang akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

5. Melatih Komunikasi Anak

Saat bermain teka-teki khususnya bersama teman, anak akan melakukan komunikasi untuk mencari ide atau jalan keluar bersama. Hal ini akan melatih komunikasi mereka yang penting dalam mengembangkan kehidupan sosialnya nanti.(*)

Tombol Google News

Tags:

Teka teki permainan anak Tumbuh Kembang Puzzle Kreativitas