Hari Pertama Kampanye, Baliho Capres Prabowo 'Gemoy' Bertebaran di Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

28 November 2023 12:20 28 Nov 2023 12:20

Thumbnail Hari Pertama Kampanye, Baliho Capres Prabowo 'Gemoy' Bertebaran di Kabupaten Malang Watermark Ketik
Baliho Capres Prabowo 'Gemoy' yang bertebaran di Kabupaten Malang pada hari pertama kampanye. (Foto : Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Kampanye Pemilu 2024 secara resmi dimulai Selasa, (28/11/2023). Hari pertama kampanye, terpantau baliho ketiga Capres mulai terpasang di Kabupaten Malang. Termasuk Baliho Capres Prabowo 'Gemoy' juga bertebaran di ruas jalan.

Baliho Prabowo 'Gemoy' itu, menarik perhatian dari masyarakat. Lantaran dinilai kreatif dan unik, karena memanfaatkan kecanggihan teknologi AI. Foto Prabowo dan Gibran ditampilkan dengan memanfaatkan teknologi AI tersebut.

Sehingga, menampilkan gambar yang lucu nan menggemaskan. Berbeda dengan dua pasangan capres-cawapres lainnya yakni pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin dan pasangan nomor 3 Ganjar-Mahfud yang memasang foto asli. 

Penilaian keunikan baliho Prabowo 'Gemoy' tersebut disampaikan salah satu Warga Kepanjen,  Kabupaten Malang bernama Pangestu. Ia menilai hal itu sesuatu yang unik dan menarik.

"Gambar baliho Prabowo-Gibran cukup unik, menarik. Kreatif dan inovatif (Gambar baliho Prabowo 'Gemoy')," kata Pangestu. Ia mengatakan, gambar Paslon nomor 2 menggunakan teknologi AI banyak terpasang sepanjang jalan Pakisaji hingga Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Kami melihat cara kampanye Capres nomor urut 2 Prabowo-Gibran ini cukup baik. Spontan dan riang gembira, salah satunya memasang wajah Gemoy seperti gambar kartun," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang Abdul Alam Amrullah, menjelaskan soal pemasangan baliho dan spanduk kampanye capres maupun cawapres bisa dimulai hari ini.

Hanya saja, menurut Alam, ada beberapa titik yang memang tidak diperbolehkan terdapat gambar pasangan capres-cawapres. Diantaranya, sambung Alam, pemasangan disekitar tempat ibadah, tempat kesehatan, sekolah atau tempat pendidikan dan kantor pemerintahan.

"Termasuk tidak boleh memasang spanduk dan baliho kampanye di dekat rambu rambu jalan utama. Minimal harus berjarak 25 meter dari rambu rambu jalan. Selebihnya silahkan memasang baliho," terangnya.

Ia menambahkan, sampai sejauh ini jadwal kampanye yang sudah diperbolehkan yakni pemasangan spanduk dan baliho Capres-Cawapres, peserta Pileg 2024.

"Yang tidak boleh kampanye hari ini adalah kampanye berbentuk rapat umum dan kampanye iklan di seluruh media," ucapnya. Pihaknya juga berkomitmen mengawasi jalannya Pemilu agar dalam pelaksanaannya sesuai aturan.

Tombol Google News

Tags:

Capres Prabowo 'Gemoy' Kabupaten Malang pemilu2024 pilpres2024