Hati-Hati! Konsumsi Makanan ini Dapat Sebabkan Gangguan BAB

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

8 Oktober 2024 11:14 8 Okt 2024 11:14

Thumbnail Hati-Hati! Konsumsi Makanan ini Dapat Sebabkan Gangguan BAB Watermark Ketik
Ilustrasi BAB. (Foto: pexels)

KETIK, JAKARTA – Pernahkah saat buang air besar (BAB) anda mendapati darah yang keluar bersama dengan feses. Darah yang keluar bersamaan dengan BAB kemungkinan besar disebabkan oleh adanya luka di saluran pencernaan, termasuk lambung, usus besar, rektum, dan anus.

Penyebab luka di saluran pencernaan dapat beragam, akan tetapi umumnya karena konsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Oleh sebab itu anda perlu waspada, berikut ini kami ulas beberapa makanan yang dapat memicu BAB berdarah.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu BAB berdarah, hal ini lantaran kandungan cabai di dalamnya dapat mengiritasi lambung dan usus. Ini bisa menyebabkan pendarahan ringan, terutama saat mengalami diare.

2. Daging Terkontaminasi

Inilah pentingnya memasak daging dengan baik dan benar. Lantaran daging yang tidak termasak dengan baik berpotensi terkontaminasi oleh bakteri Salmonella atau Campylobacter, yang bisa memicu BAB berdarah.

3. Makanan Tinggi Gluten

Bagi individu dengan intoleransi gluten atau penyakit celiac, makanan seperti pasta dan roti dapat menyebabkan peradangan di usus, yang berujung pada konstipasi atau bahkan BAB berdarah.

4. Susu dan Produk Olahannya

Walaupun dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, akan tetapi pada beberapa orang khususnya yang intoleran terhadap susu, konsumsi bahan makanan ini dapat menyebabkan berbagai reaksi termasuk BAB berdarah.

5. Makanan Olahan

Makanan seperti sosis dan daging olahan lainnya sering kali rendah serat dan tinggi lemak, sehingga dapat menyebabkan susah buang air besar. Hal ini meningkatkan risiko pendarahan saat mengejan.

6. Makanan Berwarna Merah

Jangan salah makanan berwarna merah bukan berarti tidak sehat, akan tetapi konsumsi makanan merah seperti buah bit atau makanan lainnya dapat menyebabkan feses berwarna merah dan disalah artikan sebagai darah.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan BAB Berdarah Saluran pencernaan Makanan pedas lambung Usus bakteri Gluten