Ini Segudang Manfaat Buah Strawberry untuk Tubuh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

23 April 2023 20:00 23 Apr 2023 20:00

Thumbnail Ini Segudang Manfaat Buah Strawberry untuk Tubuh Watermark Ketik
Buah Strawberry. (Foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Buah strawberry selalu menjadi buah pilihan untuk oleh-oleh karena bentuknya yang kecil dan warnanya menarik menjadi ciri khas buah ini. 

Selain rasanya yang segar, strawberry memiliki banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi sesuai takaran. 

Ini adalah kandungan gizi yang ada dalam 100 gram strawberry. 

• Air: 90,95 gr 

• Energi: 32 kcal 

• Karbohidrat: 7,68 gr 

• Vitamin C: 58,8 gr 

• Vitamin A: 1 mcg 

• Beta karotin 7 mcg 

• Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg 

• Vitamin K: 2,2 mcg 

• Vitamin B6: 0,047 mg 

• Lemak total: 0,67 gr 

• Gula: 4,89 gr 

• Serat: 2 gr 

• Kalsium: 16 mg 

• Kalium: 153 mg 

• Zat besi: 0,41 mg 

• Magnesium: 13 mg 

• Fosfor: 24 mg

Foto Strawberry mengandung Vitamin C. (Foto: Pinterest)Strawberry mengandung Vitamin C. (Foto: Pinterest)

Nah berikut 7 Manfaat buah strawberry yang baik untuk tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena buah strawberry kaya akan vitamin C. 

Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, Anda dapat hidup lebih sehat. 

Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. 

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi 

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti strawberry dapat mencegah tekanan darah tinggi. 

Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada buah strawberry juga dapat membantu membuka aliran darah. 

Efek ini sangat berpengaruh pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah. Namun demikian, bukan berarti Anda lantas mengabaikan pengobatan dari dokter, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat. 

3.  Menyehatkan Pencernaan 

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna. 

Tak hanya itu, strawberry juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. 

Foto Buah Strawberry memiliki kadar gula rendah. (Foto: Pinterest)Buah Strawberry memiliki kadar gula rendah. (Foto: Pinterest)

4. Mengontrol Gula Darah 

Manfaat strawberry selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena strawberry memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis. Berkat manfaatnya tersebut, buah strawberry aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. 

5. Menangkal Radikal Bebas 

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif. 

Kandungan antioksidan dalam strawberry juga bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan tulang. 

6. Mencegah penyakit jantung 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, strawberry mampu menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil. 

Kombinasi ini menjadikan strawberry bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. 

7. Mengurangi Peradangan 

Manfaat strawberry adalah membantu mencegah peradangan. Kandungan strawberry yang bertindak sebagai anti inflamasi adalah polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat. 

Penelitian para ahli gizi dari Oklahoma State University Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa zat-zat pada strawberry berperan dalam mencegah peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia, dan berbagai penyakit pembuluh darah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Strawberry manfaat kandungan gizi