Ketahui Face Wash Cocok dengan Kulit Anda atau Tidak, Ini Caranya!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

10 Juni 2024 22:07 10 Jun 2024 22:07

Thumbnail Ketahui Face Wash Cocok dengan Kulit Anda atau Tidak, Ini Caranya! Watermark Ketik
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Membersihkan wajah merupakan salah satu step penting dalam perawatan kulit. Dengan kulit wajah yang bersih tentu akan mempermudah penyerapan skin care agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal.

Salah satu skin care yang berguna untuk membersihkan wajah adalah face wash. Biasanya face wash harus digunakan dengan dicampur sedikit air agar berbusa kemudian baru diaplikasikan pada wajah.

Dokter lulusan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Dr. Farhan Zubedi mengatakan, dalam penggunaanya face wash memang tidak langsung memberikan efek pada kulit selain membersihkan wajah dari kotoran.

Perlu penggunaan dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan manfaat maksimal dari face wash

"Biasanya perlu dua hingga empat minggu untuk mengetahui apakah pembersih wajah (facial wash) yang digunakan berpengaruh pada kulit atau tidak. Hal inj juga tergantung kandungannya," jelas Farhan.

"Kalau face wash ada kandungan AHA, PHA dengan aku asumsi ini konsentrasinya rendah, karena ini face wash itu dua sampai empat minggu biasanya baru kelihatan," imbuhnya.

Lebih lanjut, langkah awal dalam menentukan kesesuaian suatu pembersih wajah dapat mulai meninggalkan semua produk perawatan kulit. Produk yang ditinggalkan meliputi pelembab, serum, masker dan toner.

Jika dalam waktu 2 hingga 4 minggu kukit menjadi lebih sehat, berarti face wash yang anda gunakan terbukti memberikan manfaat bagi kulit.

Kalaupun ingin menggunakan produk lain, dia menyarankan pengguna untuk menggunakan pelembap hanya setelah membersihkan wajah.

Dengan demikian, maka Anda dapat melihat efek jangka pendek dan jangka panjangnya.

Akan tetapi jika sebaliknya, kondisi kulit menjadi lebih buruk seperti terjadi kemerahan, gatal, dan iritasi pada kulit, maka bisa dibilang produk tersebut tidak cocok untuk kulit anda.

"Kalau bangun pagi, kulitnya berminyak banget atau kering banget. Jadi dua ini, setelah dipakai malam hari, lihat lagi besok paginya, nanti kelihatan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perawatan Kulit face wash Skin care pembersih wajah manfaat kandungan