Intimate Tour Album Civilize Sonjah di Kota Malang, Kupas Cerita Menarik dalam Lagu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

17 Februari 2024 12:44 17 Feb 2024 12:44

Thumbnail Intimate Tour Album Civilize Sonjah di Kota Malang, Kupas Cerita Menarik dalam Lagu Watermark Ketik
Sonjah (kiri) dan Wekaweka (kanan) saat melakukan intimate tour album ketiga di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Musisi hip hop Sonjah memulai intimate tour untuk album ketiganya, Civilize di Kafe Fertisoil, Kota Malang pada Sabtu (17/2/2024). Dalam tournya, musisi asli Surabaya itu menceritakan kisah unik di balik salah satu lagunya. 

Dalam album tersebut terdapat 8 track lagu yang telah disiapkan dalam satu tahun masa produksi. Dari delapan lagu tersebut, kisah menarik datang dari lagu Sehidup Semati yang berkolaborasi dengan Manutized. 

Sonjah bercerita bahwa lagu tersebut telah berusia 13 tahun dan merupakan kado pernikahan bagi kekasih dari temannya. 

"Aku punya teman, dalam dua minggu ke depan dia mau melamar pacarnya. Dua minggu sebelumnya dia ngehubungin dan ajak bikin lagu untuk istrinya. Nanti ketika acara perkawinan akan bawain lagu itu," ujar Sonjah pada konferensi pers. 

Sonjah menemukan lagu tersebut saat tengah mempersiapkan album barunya. Ia lantas memberikan sentuhan dan memperbarui musik hingga lirik dari lagi tersebut. 

"Setelah dirilis temanku seneng banget dan tidak percaya kalau lagu itu sudah 13 tahun. Aku pun juga gak percaya, mungkin karna lagunya punya kesan bagus. Dari ceritanya yang dia mau lamar pacar dan itu lagu yang jujur nggak ada kebohongan," tuturnya. 

Selaras dengan lagu tersebut, album Civilize berkisah tentang kehidupan manusia. Kebanyakan lagu-lagu di dalamnya terinspirasi dari kisah pribadi maupun kisah orang-orang terdekat Sonjah. 

"Ini sudah album ketiga judulnya Civilize, menceritakan tentang orang-orang, kejadian sehari-hari entah dari teman, atau dari pengalaman pribadi dan orang tua. Entah dia lagi kesusahan, mengejar mimpi, saya jadikan satu dan pengalaman saya pribadi hanya 30 persen," tambah Soljah. 

Dari delapan lagu, empat di antaranya telah ia rilis di beberapa platform musik. Pada intimate tour yang dilakukan di beberapa kota, Sonjah ingin mengetahui seberapa jauh lagu-lagu dalam album Civilize dapat mengena ke hari pendengar. 

"Justru intimate tour ini saya akan bawain lagu-lagu yang belum dirilis supaya orang tahu dulu.  Memang tidak perlu yang sampai 500 orang gitu karna aku ingin tahu laguku relate apa enggak sama hidup pendengar," sebutnya. 

Berbeda dari album-album sebelumnya, pada album Civilize ini Sonjah melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi. Mulai dari Manutized, Farrel Hilal, hingga musisi dari Maluku dan Belanda. 

Tak hanya di Kota Malang, Sonjah juga melakukan intimate tour di beberapa kota seperti Yogyakarta, Madiun, Semarang, Bogor, Jakarta, dan berbagai kota lainnya. 

"Kami lakukan di Kota Malang karena statusnya sebagai Kota Mahasiswa. Apalagi lagu-lagu saya targetnya di usia 23-35 tahun. Ini tour kedua saya di Kota Malang," ungkap Sonjah kepada Ketik.co.id

Sonjah turut berpesan kepada rekan-rekan musisinya khususnya yang menyelami dunia hip hop. Ia berharap para musisi dapat produktif dan terus berkarya. 

"Pesan yang mungkin untuk musik hip hop yang aku jalani, yang penting terus berkarya buat teman-teman musisi lain. Sekarang zamannya ini cepat banget, satu hari saja ada jutaan artis yang mengeluarkan single di dunia. Kalau kita terlambat sebentar, tidak produktif, ya bisa ketinggalan. Jadi produktif adalah kuncinya," tutup Sonjah. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Sonjah Intimate 3rd Album Civilize Tour Civilize Sonjah Album Ketiga Sonjah Intimate Tour Sonjah Kota Malang Sehidup Semati