Jambore Jatim 2023, Arum Sabil: Simbol Pemersatu Pencetak Generasi Pramuka Produktif

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: M. Rifat

2 Oktober 2023 16:15 2 Okt 2023 16:15

Thumbnail Jambore Jatim 2023, Arum Sabil: Simbol Pemersatu Pencetak Generasi Pramuka Produktif Watermark Ketik
Ketua Kwarda Jatim H.M. Arum Sabil saat memberikan sambutan pada malam pembukaan Jambore Jatim 2023 di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, Tuban, Senin malam (2/10/2023). (Foto: Naufal. A/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Ketua Kwarda Pramuka Jatim H.M. Arum Sabil menyebutkan Jambore Jatim 2023 adalah simbol pemersatu yang mencetak generasi Pramuka Produktif.

Jambore adalah alat bagi Pramuka mencapai tujuan mulia sehingga bisa mengantarkan adik-adik menjadi generasi yang mampu membantu sesama.

Tak hanya itu, Jambore diharapkan mampu mencetak pribadi yang kuat, berkakter dan unggul. Nilai-nilai itu lah yang dibutuhkan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Hidup adalah pengabdian dengan membahagiakan orang lain. Itu lah semangat kita. Menanam kebaikan, menuai kebahagiaan," kata Arum Sabil.

Ia menerangkan, Jambore Daerah adalah pertemuan akbar Pramuka Penggalang yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Saat ini, Tuban menjadi tuan rumahnya.

Menurut Arum Sabil, terpilihnya Tuban sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan. Ia mengungkapkan Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo Parengan Tuban memiliki sejarah panjang yang sarat akan perjuangan.

"Dipilihnya tempat ini karena dukungan luar biasa dari Mas Bupati Tuban. Desa Ngawun ini menjadi pertimbangan penting diputuskannya sebagai lokasi Jambore tahun ini. Sejarah desa Ngawun adalah pelajaran dan teladan bagi kita semua," bebernya.

Arum menyatakan, Desa Ngawun yang berasal dari kata Ngawon yang artinya mengalah adalah simbol pemersatu Pramuka Jatim.

"Di tempat ini adik-adik diikat menjadi saudara setanah air yang saling mencintai dan menghargai. Jadilah pemimpin yang Ngawon yang artinya mengalah demi kepentingan bangsa. Hidup adalah pengabdian dengan membahagiakan orang lain," tegasnya.

Foto Para peserta mendengarkan arahan Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil pada pembukaan Jambore Jatim 2023, (2/10/2023). (Foto: Naufal. A/Ketik.co.id)Para peserta mendengarkan arahan Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil pada pembukaan Jambore Jatim 2023, (2/10/2023). (Foto: Naufal. A/Ketik.co.id)

Di akhir sambutannya, Ketua Kwarda Pramuka Jatim H.M. Arum Sabil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang membimbing perjalanan Pramuka di Jawa Timur.

"Beliau yang mendukung penuh dan memberikan bimbingan berarti bagi kita semua sehingga Pramuka Jatim tetap produktif," pungkasnya.

Jambore Jatim 2023 merupakan perkemahan akbar Pramuka Penggalang se-Jawa Timur yang digelar Kwarda Pramuka Jatim setiap 5 tahun sekali.

Tujuannya adalah membentuk perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, mengamalkan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka, serta mengembangkan Pramuka Penggalang Jatim sebagai generasi emas Bangsa Indonesia yang berkarakter Pancasila untuk dapat menjadi pribadi yang produktif.

Tema Jambore Jatim 2023 adalah Produktif, yaitu Patriotik, Religius, Edukatif dan Inovatif. Jambore digelar mulai Senin hingga Sabtu (2-7/10/2023). (*)

Tombol Google News

Tags:

Jambore Jatim 2023 Jambore Kwarda Pramuka Arum Sabil Khofifah tuban Ngawun Abilowo