Jaring Atlet Muda, 225 Karateka Ikuti Kejuaraan Karate se-Kediri Raya

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Maret 2024 00:05 2 Mar 2024 00:05

Thumbnail Jaring Atlet Muda, 225 Karateka Ikuti Kejuaraan Karate se-Kediri Raya Watermark Ketik
Para Karateka saat bertanding dalam kejuaraan Karate di lapangan tenis PG Pesantren Kota Kediri, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Isa/Ketik.co.id)

KETIK, KEDIRI – Inkanas (Institut Karate Do-Nasional) Kabupaten Kediri menggelar Kejuaraan Karate yang diikuti 225 karateka. Ratusan peserta ini berasal dari wilayah Kediri Raya dengan nomor kelas tanding pemula hingga senior. 

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Karate, Hakim Rahmadsyah Pranata menjelaskan kejuaraan karate ini di gelar dengan tujuan menjaring atlet muda.

Dalam perlombaan ini, ada berbagai kategori kelas yang diperebutkan. Di antaranya kelas usia dini 6-7 tahun, kemudian pemula 8-9 tahun dan kelas senior dengan peserta dari SMA sampai mahasiswa umum. 

"Ini adalah salah satu cara untuk menjaring atlet muda dan sekaligus regenerasi. Kita juga ada kelas festival untuk pemula, dengan kategori latihan 1-6 bulan," terang Hakim usai dikonfirmasi di lokasi perlombaan yang bertempat di lapangan tenis PG Pesantren Kota Kediri, Sabtu (2/3/2024).

Hakim menyebut, perkembangan karate di wilayah Kediri dalam satu tahun ini sangat baik dan berkembang. Hal itu ia contohkan dengan raihan 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu untuk Kabupaten Kediri pada gelaran Porprov Jatim ke VIII 2023 kemarin.

Untuk itu, dengan antusias ratusan karateka yang daftar ini, Hakim berharap bisa menjadi semangat bagi para atlet untuk terus berjuang. 

"Alhamdulillah antusias dari peserta sangat baik, kemarin saya cuma buka di wilayah Kediri namun banyak dari wilayah sekitar yang ingin daftar, akhirnya kita buat se Kediri Raya. Semoga para atlet yang bertanding bisa terus sportif dan menjadi lebih berkembang, serta membawa nama baik rantingnya," ungkapnya. 

Sementara itu, Humas KONI Kabupaten Kediri, Timotius Suwardiyanto sangat mengapresiasi atas kegiatan kejuaraan karate tingkat pelajar ini. Sebab, cabang olahraga (cabor) Inkanas ini menjadi salah satu cabor unggulan penyumbang medali pada kejuaraan Porprov Jatim.

Apalagi, kejuaraan yang di gelar selama tanggal 2-3 Maret 2024 ini tidak menggunakan anggaran APBD, melainkan mendapat pendanaan dari sponsor. Hal ini menjadi suatu terobosan baru yang positif dan diharapkan dapat ditiru oleh semua cabor.

"Tentunya kejuaraan ini dapat dimanfaatkan untuk proses pengembangkan atlet karate, khususnya wilayah di Kabupaten Kediri. Terima kasih kepada seluruh panitia dan sponsor yang telah menggelar acara ini," ungkapnya.

"Kita juga punya satu atlet untuk persiapan kejuaraan nasional bernama Ceisha Aurelia, semoga para atlet prestasinya bisa terus meningkat," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kejuaraan Karate Kediri karate Kediri inkanas Kediri Koni Kabupaten Kediri atlet karate kediri