Kawal Tradisi Petik Laut, SAR Surabaya Terjunkan Tim Operasi

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

12 Maret 2023 07:47 12 Mar 2023 07:47

Thumbnail Kawal Tradisi Petik Laut, SAR Surabaya Terjunkan Tim Operasi Watermark Ketik
Tim operasional SAR Surabaya diterjunkan untuk amankan Petik Laut. (Foto : SAR Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Kantor SAR Surabaya menerjunkan satu tim operasi untuk mengamankan pelaksanaan tradisi petik laut di Muara Sungai Gisik Cemandi, Sedati Sidoarjo, Minggu (12/3/2023).

Hal ini dilakukan agar jika terjadi kondisi membahayakan jiwa selama acara Petik Laut, maka tim Kantor SAR Surabaya dapat segera memberikan pertolongan.

Dalam pelaksanaan siaga SAR ini, tim Kantor SAR Surabaya didukung sejumlah sarana dan peralatan SAR. Di antaranya 1 set perahu karet, peralatan pertolongan korban di air, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

"Ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena memang acara ini merupakan tradisi yang sudah terjadi dibeberapa waktu," terang Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhammad Hariyadi.

Tampak belasan perahu nelayan desa Gisik Cemandi mengikuti tradisi rakyat yang berlokasi di sekitar 2 km lepas muara sungai ini. Kondisi cuaca cukup bersahabat selama gelaran acara yang berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

Tradisi Petik Laut ini menjadi tradisi nelayan desa Gisik Cemandi untuk mengungkapkan rasa syukur atas perolehan hasil laut selama setahun ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

SAR Surabaya Basarnas Petik Laut Tradisional