Keindahan Sentono Gentong Membuat Kagum Khofifah, Bagai Orkestra Alam!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 Januari 2023 08:04 11 Jan 2023 08:04

Thumbnail Keindahan Sentono Gentong Membuat Kagum Khofifah, Bagai Orkestra Alam! Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah Menikmati Pemandangan di Sentono Gentong (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Saat mengunjungi Kabupaten Pacitan pada Selasa (10/1), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri mengunjungi objek wisata Sentono Gentong yang terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Menurut Khofifah, objek wisata ini seperti orkestra semesta alam karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spritual. Dalam kunjungannya di tempat wisata yang ngehits di pacitan ini, dirinya didampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan beberapa anggota Forkopimda Pacitan.

"Jatim ini banyak sekali tempat yang menyuguhkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi, kuliner, hingga tantangan bagi para penikmat dan atlet paralayang di Sentono Gentong," ucap Khofifah.

"Paralayang (di Sentono Gentong, red) dibuka biasanya sekitar bulan Maret menyesuaikan arah angin. Sentono Gentong ini wisata yg memiliki sejarah yang kuat. Ini bisa dibilang wisata alam ya alam, religi ya religi, olahraga ya olahraga," tambahnya.

Foto Khofifah Bersama Bupati Pacitan dan Forkopimda Pacitan ( foto : humas Jatim )Khofifah Bersama Bupati Pacitan dan Forkopimda Pacitan (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Sentono Gentong sendiri merupakan wisata religi yang berada di kawasan petilasan. Di dalamnya terdapat gentong berisi tulang-tulang yang dibawa oleh Syekh Subakir dari Persia untuk menangkal roh jahat di Pulau Jawa agar Agama Islam dapat berkembang.

Khofifah juga menekankan bahwa konektivitas ke Kabupaten Pacitan dan daerah Mataraman lain memerlukan perhatian  khusus. Dengan itu, keindahan Pacitan bisa lebih dipromosikan, sehingga wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, bisa menikmati indahnya pesona wisata Pacitan.

"Goa-goa di Pacitan ini juga cukup banyak. Mulai dari wisata alam, religi, kuliner, olahraga, banyak sekali yang bisa dijual oleh Pacitan. Terutama yang terpenting adalah pembangunan infrastruktur dan menarik investor yang tepat. Dengan itu, semua wisatawan dapat makin menikmati keindahan Pacitan, baik wisatawan lokal atau internasional," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Wisata sentono gentong pacitan