Kenalin Nih! Krisnadia Rahmatika Sania, Juara II Duta GenRe Putri Kabupaten Semarang 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

21 Februari 2024 23:03 21 Feb 2024 23:03

Thumbnail Kenalin Nih! Krisnadia Rahmatika Sania, Juara II Duta GenRe Putri Kabupaten Semarang 2023 Watermark Ketik
Krisnadia Rahmatika Sania, Juara II Duta GenRe Putri Kabupaten Semarang 2023 (Foto: Wandi Ruswannur / ketik.co.id)

KETIK, SEMARANG – Wawancara eksklusif pada kesempatan kali ini bersama Juara II Duta GenRe Putri Kabupaten Semarang 2023, Krisnadia Rahmatika Sania. Gadis yang akrab dengan panggilan Nadia, kelahiran Kabupaten Semarang, 20 Oktober 2004 ternyata merupakan seorang mahasiswa semester 4 D-IV Kebidanan Poltekkes Semarang.

Pemilik akun media sosial Instagram @krisnadiaars mengatakan, Duta Generasi Berencana (GenRe) adalah remaja yang berperan menjadi role model dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

"Sehingga nantinya mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," kata Nadia kepada media online nasional Ketik.co.id, Rabu (21/02/2024).

Menurutnya, program GenRe adalah mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Selain itu juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa. Itu karena program ini mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif(NAPZA) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

"Keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja dan yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan," ujarnya.

Nadia yang hobi mendengarkan musik, menyanyi, membaca buku, dan makeup menjelaskan melalui berbagai program sosialisasi dari Genre diharapkan para anak muda mendapatkan pemahaman tentang pentingnya merencanakan kehidupan dengan menerapkan lima transisi kehidupan remaja, di antaranya menerapkan pola hidup sehat, melanjutkan pendidikan, bekerja, membangun keluarga dan berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

"Karena ketahanan remaja menjadi pondasi penting yang harus dibangun untuk menciptakan Generasi Emas 2045. Beberapa inovasi yang telah diimplementasikan merupakan sarana yang tepat untuk anak muda dalam memanfaatkan masa emasnya untuk mengembangkan dirinya serta ajakan kepada para anak muda agar lebih mampu menjaga dirinya agar tidak terjerat dengan tiga permasalahan beresiko tinggi yang dihadapi oleh remaja," terangnya.

Dirinya menyebut, bahwa keberadaan duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. 

"Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta Genre perlu terus digiatkan," pesannya.

Ia menerangkan, remaja merupakan masa yang penuh dengan tantangan. Oleh karena itu, setiap remaja harus memiliki wadah untuk dapat mengekspresikan keresahannya terhadap masa depan, dengan berbagai potensi yang dimiliki, mengingat kompetisi kedepannya akan semakin presisi dan kompleks. Bukan hanya tentang ilmu bertahan hidup, tetapi bagaimana dapat menjadi inspirasi dan menebar kebermanfaatan pada masyarakat luas dan secara langsung. 

"Selagi masih muda tidak ada salahnya untuk terus mencoba hal-hal baru selagi hal tersebut merupakan hal yang positif, mulai bangun personal branding melalui kegiatan yang dapat mengasah dan meningkatkan potensi kita, jadilah agent of change yang sesungguhnya, menjadi pribadi yang dapat membawa perubahan baik dan jadilah guardian of value yang menjaga nilai-nilai dalam masyarakat untuk memberikan kebermanfaatan bagi sekitar. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? kalau bukan sekarang, kapan lagi?" tutupnya.

Sementara itu, prestasi dan pengalaman organisasi Nadia, yaitu:
1. Juara I English Singing Competition 2021
2. ⁠1st Runner-Up Mbak Srikandi 2022
3. ⁠Mbak Kebidanan Magelang II 2023
4. ⁠3rd Runner-Up Polkesmar Ambassador 2023
5. ⁠Ketua KKM English Club 2023
6. ⁠Duta Kesehatan Mental Batch 5 2023
7. ⁠Pusat Informasi dan Konseling Remaja Pijar 2023 
8. Juara II Duta GenRe Kab. Semarang 2023
9. ⁠Best Photogenic Jawa Tengah Beauty Muslimah Indonesia 2024
10. ⁠Wardah Youth Ambassador 2024 (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik mahasiswi Krisnadia Rahmatika Sania Juara II Duta GenRe Putri Kabupaten Semarang 2023