Ketua PGRI Sleman: Guru Dituntut Inovatif dan Kreatif

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Naufal Ardiansyah

28 November 2023 03:20 28 Nov 2023 03:20

Thumbnail Ketua PGRI Sleman: Guru Dituntut Inovatif dan Kreatif Watermark Ketik
Suasana kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Kabupaten Sleman. (Foto: Fajar Rianto/ Krtik.co.id).

KETIK, YOGYAKARTA – Puncak rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Kabupaten Sleman dilaksanakan Senin (27/11/2022) kemarin di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman.

Ketua PGRI Sleman, Mujiyanta menyampaikan peringatan tersebut mengangkat tema Transformasi Guru Menuju Indonesia Maju. Dimaksudkan supaya menjadi pemahaman bagi guru untuk dapat memahami ketugasan yang selalu berkembang. Mengingat seiring perkembangan zaman, saat ini guru dituntut untuk inovatif dan kreatif, terlebih lagi dengan melibatkan teknologi.

Ia menegaskan, supaya ketugasan yang sifatnya digital itu bisa dilaksanakan dengan baik oleh guru. Para guru saat ini juga perlu melakukan digitalisasi literasi.

Disebutkan pula oleh Mujiyanta, PGRI Kabupaten Sleman juga telah melaksanakan berbagai kegiatan penunjang kapasitas guru. Di antaranya seminar penerapan kurikulum merdeka, bimtek, hingga pembelajaran pembuatan film pendek.

"Kami berharap tenaga pendidik di Kabupaten Sleman dapat memiliki kualitas yang baik dan mampu bekerja secara profesional di bidangnya," pungkas Mujiyanta.

Foto Para peserta kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Kabupaten Sleman. (Foto: Humas Pemkab Sleman).Para peserta kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional Kabupaten Sleman. (Foto: Humas Pemkab Sleman).

Sementara itu Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Danang Maharsa, dan Sekretaris Daerah Sleman Harda Kiswaya juga hadir dalam acara yang berlangsung meriah ini.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam arahannya mengatakan, dengan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sleman, khususnya para guru sendiri. Untuk lebih meningkatkan pembangunan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.

Dikatakan oleh Kustini, guru memiliki peran besar dalam membentuk karakter peserta didik menjadi pribadi berintegritas. Dalam kesempatan ini Kustini juga mengimbau agar para guru dapat terus kreatif berinovasi menjalankan tugas sebagai garda depan proses pembelajaran.

Ia juga mengajak kepada para tenaga pendidik di Kabupaten Sleman untuk berani melakukan terobosan dan memperjuangkan yang terbaik bagi anak didiknya.
Diakhir arahannya Kustini juga mengingatkan bahwa fitrah guru sebagai tenaga pendidik, memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Hampir senada Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam kesempatan berikutnya menambahkan ia bisa menjadi Wakil Bupati Sleman karena jasa guru.

"Rasanya tidak mungkin saya diundang dan bisa bediri disini kalau tidak ada jasa guru," tegasnya.

Untuk itu ia kemudian banyak menghaturkan terima kasih pada para guru yang hadir dalam kesempatan itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

HUT PGRI Hari Guru Nasional ke-78 Sleman Bupati Sleman Wabup Sleman Sekda Sleman Inovatif dan Kreatif