Khofifah Larang ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

12 April 2023 04:55 12 Apr 2023 04:55

Thumbnail Khofifah Larang ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik Watermark Ketik
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.( Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menjelang musim mudik 2023, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak menggunakan mobil dinas saat melakukan mudik Lebaran.

Hal ini disampaikan langsung oleh Khofifah saat ditemui jurnalis Ketik.co.id di gedung Negara Grahadi, selasa (11/04/2023). Menurutnya mudik merupakan urusan pribadi dan tidak sepatutnya mobil dinas digunakan untuk urusan pribadi.

"Mudik itu kan urusan pribadi, jadi memang tidak boleh menggunakan mobil dinas. Kecuali jika ada penugasan dari instansinya, baru boleh menggunakan mobil dinas," jelas Khofifah.

Khofifah menambahkan tidak semua instansi pemerintah mendapatkan cuti Lebaran. Salah satunya seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan. Musim mudik Lebaran adalah waktu di mana kedua dinas tersebut harus bekerja ekstra untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.

"Yang jadi atensi di sini bukan pada cutinya (memberlakukan larangan kendaraan dinas) tapi dalam rangka apa. Jika memang berhubungan dengan urusan pekerjaan walaupun saat mudik Lebaran, contohnya Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan yang mana saat mudik Lebaran mereka tidak ada libur. Atau mungkin ada dinas lain yang masih ada penugasan itu boleh menggunakan mobil dinas," tambah Khofifah. 

Intinya, tegas Khofifah, selama bertugas boleh. Sebaliknya, jika tidak ada kegiatan dinas, maka dilarang keras memakai kendaraan dinas untuk cuti bersama bahkan mudik.

"Pokoknya tidak dalam rangka dinas, cuti bersama pulang mudik ya tidak boleh," tegas mantan Menteri Sosial ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mudik Lebaran ASN Khofifah Pemprov Jatim Penugasan