Kirab Pemilu 2024 Jember, Ajang Edukasi Sekaligus Hiburan Budaya Pandalungan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

23 September 2023 15:17 23 Sep 2023 15:17

Thumbnail Kirab Pemilu 2024 Jember, Ajang Edukasi Sekaligus Hiburan Budaya Pandalungan Watermark Ketik
Kirab Pemilu 2024 KPU Kabupaten Jember di RTH Arjasa, Sabtu (23/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menggelar Kirab Pemilu 2024. Kirab berlangsung di Kampung JFC RTH Arjasa, Kecamatan Arjasa pada Sabtu (23/9/2023) sore.

KPU Kabupaten Jember menerima bendera Kirab Pemilu dari KPU Bondowoso. Para peserta kirab membawa bendera partai politik dan dimeriahkan dengan penampilan musik patrol khas Budaya Pandalungan dan kesenian Reog Ponorogo.

Ketua KPU Jember, Muhammad Syaiin mengatakan, kirab di Jember secara nasional berada pada rute jalur ke-VI. “Dari NTT, Jembrana, Bali. Rute untuk Jawa Timur dimulai dari Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan sekarang Jember,” ujarnya.

Selanjutnya KPU Jember akan melanjutkan estafet bendera Kirab Pemilu. Syaiin menyebut pihaknya bakal mengirimkan bendara Pemilu ke wilayah Kabupaten Lumajang.

Tujuan dari diadakannya kirab ini sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat umum bahwa Pemilu diselenggarakan dalam waktu dekat. 

“Menyebarluaskan informasi pelaksanaan Pemilu kepada masyarakat yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024,” katanya.

Kirab ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu, baik itu kualitas maupun kuantitas. “Sehingga nanti angka partisipasi masyarakat akan semakin meningkat,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kirab Pemilu pemilu2024 KPU Jember bendera Kirab Pemilu Jember