Kisah Perjuangan Mira Wulandari Jadi Pramugari, Penuh Lika-Liku

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

13 November 2023 02:33 13 Nov 2023 02:33

Thumbnail Kisah Perjuangan Mira Wulandari Jadi Pramugari, Penuh Lika-Liku Watermark Ketik
Mira Wulandari, Pramugari salah satu maskapai Nasional (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, YOGYAKARTA – Mira Wulandari, akrab dengan panggilan Mira, pramugari cantik salah satu maskapai penerbangan nasional mengungkapkan kisahnya dalam menjadi cabin crew pesawat.

Pemilik akun media sosial Instagram @mirawln_ bercerita awal mula masuk pramugari. Yaitu sejak duduk di bangku SMP, ia sudah terpikirkan cita-cita tersebut. Dan di situlah ia berpikir mencari apa yang sekiranya lebih bagus. Di situ terpikir memilih antara Polwan atau Pramugari. Namun yang ada di pikiran itu Polwan yang pastinya relatif mudah untuk dicapai. Pramugari hanya sebatas angan-angan saja waktu itu.

“Bahasa Inggris aja gak bisa, cuma orang kampung, rumah saja jauh banget dari kota, sinyal susah, gak ada kenalan orang-orang besar/aviasi sama sekali. Bahkan apa itu dunia penerbangan saja gak tahu," terang Mira kepada media online nasional Ketik.co.id, pada hari Senin (13/11/2023).

Seiring berjalannya waktu, di situ orang tuanya bertanya mau bagaimana dan mau jadi apa. "Ya sudah di situ saya pasti jawab mau jadi Polwan yang kemungkinan tercapainya lebih mudah. Namun tuhan berkata lain, dikarenakan mata saya minus hingga gagal di pemeriksaan kesehatan pertama," ungkapnya.

Kecewa dan sedih pasti, setelah itu Mira yang hobi menulis, menari dan dance pernah mencoba untuk mencari lowongan kerja jadi SPG, customer service, dan sebagainya di Kota Yogyakarta. Namun tak ada satupun yang diterima.

"Akhirnya di malam hari papa bilang bahwa saya adalah harapan keluarga. Orangtua nggak pernah maksa harus jadi apa, tapi cuma berpesan bahwa saya harus sukses, dan menjadi harapan terakhir dari semuanya,” beber Mira menuturkan dengan detail dan gamblang.

Di situ Mira menangis dan mencoba untuk mencari jalan keluar untuk masa depannya. Lalu tiba-tiba ia ingat pesan dari kepala sekolah waktu SMP agar bermimpilah setinggi langit, sekalipun kamu jatuh, maka kamu akan jatuh di antara bintang-bintang. 

"Jadilah yang terbaik di antara yang terbaik dan jika kamu punya 2 pilihan dalam hidup, pilihlah yang kedua, karena apa? Karena kalau kamu yakin dengan pilihan yang pertama, pilihan kedua nggak akan mungkin ada. Di situlah saya langsung ingat dengan cita-cita pramugari," tutur Mira.

Lantas Mira menambahkan, suka-duka menjadi pramugari yaitu bisa keliling Indonesia bahkan luar negeri, banyak relasi, dan senior yang baik-baik. "Adapun untuk dukanya kebanyakan pas hari-hari besar saya gak bisa pulang dan jam tidur berantakan,” ujar Mira degan penuh senyum manisnya.

Secara khusus, Mira menyampaikan untuk adik-adik jangan pernah takut untuk bermimpi. Semua yang akan terjadi di masa depan bermula dari mimpi dan halu dulu. 

"Kejarlah apapun keinginan dan cita-cita kamu, masalah gagal atau enggaknya biar menjadi urusan tuhan. Seenggaknya sudah berusaha. Niatkan semuanya demi orang tua dan masa depan diri. Cita-cita itu pernah terlintas di pikiran kamu, berarti semesta sudah memberi petunjuk bahwa kita mampu untuk mencapainya," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, Mira memiliki prestasi dan pengalaman membanggakan yaitu:
1. Juara 1 film pendek FLS2N tingkat Provinsi DIY.
2. Juara 3 menyanyi lagu Jawa.
3. Pernah bergabung di sebuah sanggar tari dari kelas 3 SD.

Tombol Google News

Tags:

Cantik Mira Wulandari pramugari Lika-Liku