Layanan Spotify Live Ditutup

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

6 April 2023 07:18 6 Apr 2023 07:18

Thumbnail Layanan Spotify Live Ditutup Watermark Ketik
Aplikasi Spotify. (Foto: Pixabay)

KETIK, JAKARTA Layanan Spotify Live bakal ditutup mulai 30 April 2023. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Music Ally dan telah dikonfirmasi oleh juru bicara perusahaan kepada TechCrunch.

"Setelah periode percobaan dan pembelajaran tentang bagaimana pengguna Spotify berinteraksi dengan audio langsung, kami telah membuat keputusan untuk menghentikan aplikasi Spotify Live," kata seorang juru bicara kepada TechCrunch melalui email.

Dalam email yang sama Spotify meyakini akan ada masa depan untuk interaksi penggeman-kreator secara langsung di ekosistem Spotify. Namun berdasarkan pembelajaran mereka bahwa Spotify Live dinilai tidak lagi masuk akal sebagai aplikasi mandiri.

Pada bulan April 2022, Spotify mengintegrasikan kemampuan audio langsung dari aplikasi pendampingnya Spotify Greenroom di dalam aplikasi utama Spotify lalu mengubah nama menjadi Spotify Live.

Pada saat itu, Spotify mencatat bahwa Spotify Live akan terus berfungsi seperti yang dilakukan Greenroom dengan memungkinkan kreator berinteraksi dengan audiens mereka secara real time dan berfungsi sebagai mekanisme pembuatan host.

Spotify mengakuisisi aplikasi yang akan menjadi Greenroom pada Maret 2021 dengan pembelian senilai USD 62 juta dari startup Betty Labs. Awalnya dikenal sebagai Locker Room, aplikasi ini berfokus pada persimpangan audio langsung dengan konten olahraga.

Spotify dengan cepat mengganti nama aplikasi tersebut dan memperkenalkannya sebagai Greenroom pada Juni 2021. Perusahaan kemudian meluncurkan acara mingguan langsung dengan harapan mendorong adopsi konsumen atas layanan audio langsungnya.

Namun sayangnya Greenroom gagal mendapatkan daya tarik di pasar yang sudah beralih dari tren live audio.

Selain Spotify, Meta juga memangkas beberapa produk audionya tahun lalu. Selain menghentikan Ruang Audio Langsung seperti Clubhouse menjadi Facebook Live, perusahaan juga menutup penawaran podcastnya dan menyingkirkan fitur audio bentuk pendeknya, Soundbites.

Reddit juga menghentikan fitur Reddit Talk pada awal bulan ini, sementara Amazon melakukan pengurangan staf di aplikasi radio langsung Amp tahun lalu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Spotify live music