Penyanyi 'Tertawan Hati' Awdella, Ceritakan Strategi Promosikan Lagu

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

16 September 2023 00:30 16 Sep 2023 00:30

Thumbnail Penyanyi 'Tertawan Hati' Awdella, Ceritakan Strategi Promosikan Lagu Watermark Ketik
Penyanyi Awdella di Sweet Seventeen Universitas Ciputra Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Awdella, penyanyi cantik pelantun lagu 'Tertawan Hati' kini tengah viral di media sosial. 

Sosok yang memiliki nama lengkap Alda Wiyekedella Arief Suyoso ini lahir di Surabaya pada 8 Maret 1999. Artinya, usia Awdella saat ini adalah 23 tahun. 

Awdella merupakan lima belas besar dari Indonesian Idol musim kesepuluh yang ditayangkan di RCTI pada 2019-2020 silam. 

Sebelum mengikuti ajang pencarian bakat Indonesia Idol, wanita yang berusia 23 tahun ini juga sempat mengikuti ajang Rising Star Indonesia. 

Berkiprah di dunia seni tarik suara sejak tahun 2017, Awdella diketahui telah merilis tiga single. 

Untuk urusan pendidikan, Awdella pernah menempuh pendidikan di Mimi Senior High School dan Universitas Ciputra (UC) Surabaya. 

Saat ditemui, Awdella bercerita bahwa pentingnya networking dan pentingnya memahami media sosial sebagai ajang promosi untuk setiap lagunya. 

"Networking, UC mengajari tentang gimana memaksimalkan network dan sosial media dan juga strategi marketing yang berguna buat aku berkarir di musik juga, bagaimana aku lihat peluang terjadi," jelasnya saat Sweet Seventeen Universitas Ciputra, Jumat (15/9/2023). 

Menuturnya, strategi marketing ini sangat berpangaruh untuk mempromosikan lagunya karena Ia bisa memanfaatkan peluang di sekitarnya. 

"Buat aku berkarya seni musik juga, gimana aku promosiin laguku, gimana aku lihat peluang yang terjadi contohnya kayak aku kan bikin lagu galau. Peluang yang terjadi misalnya nih banyak temen-temen aku yang suka galau gimana caranya aku bikin lagu yang relate bersama teman-teman biar disukai teman-teman," paparnya. 

Strategi tersebut berhasil hingga Awdella ditonton sebanyak 80 juta di Youtube dan di Spotify menyentuh 175 juta streem. 

"Itu ngaruh banget, karena dari aku bener-bener awalnya tuh indie di dunia musik jadi aku bener-bener jalur Tiktok itu loh. Aku untuk mempromosikan, akhirnya sekarang bisa nyentuh 175 juta streem di spotify dan sekitar 80 jutaan di YouTube itu," ujar Lulusan Fakultas Internasional Bisnis Management. 

Awdella bercerita awalnya Ia belum melihat peluang di dirinya, hingga akhirnya Ia terinspirasi oleh lingkungannya dan didukung oleh mata kuliah di Universitas Ciputra yang membentuk akhirnya Ia berfokus pada strategi marketing menggunakan media sosial untuk bermusiknya. 

"Yang penting itu ikutin aja mata kuliahnya. Ini membantu kita menemukan passionku apa, sukanya apa, nanti akan diarahkan musik di bidang ini kita (UC) ada networking di bidang itu," paparnya. 

Rencana ke depan, Awdella akan menggarap album selanjutnya dan saat Ia berkuliah di UC memiliki bisnis clothing line. Maka dari itu Awdella ingin berkreasi sehingga menghasilkan merchandise. 

"Aku bisa bikin official merchandise dari fanpage, karena aku belajar bikin kaos, jualan kaos jadi aku benar-benar bisa diterapin," pungkas Awdella, sang pelantun Tertawan Hati. (*)

Tombol Google News

Tags:

Awdella Tertawan Hati strategi Marketing promosi lagu Universitas Ciputra UC Spotify