Luncurkan Program Baru, Kejari Sleman Akan Tempatkan Satu Jaksa di Tiap Kecamatan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

26 September 2024 09:15 26 Sep 2024 09:15

Thumbnail Luncurkan Program Baru, Kejari Sleman Akan Tempatkan Satu Jaksa di Tiap Kecamatan Watermark Ketik
Kajari Sleman Bambang Yunianto meluncurkan program inovasi JABINSA atau Jaksa Bina Desa, 25 September 2024. (Foto: Dok Kejari Sleman for Ketik.co.id)

KETIK, SLEMAN – Kepala Kejaksaan Negeri Sleman Bambang Yunianto menyebutkan nantinya setiap satu Kapanewon (Kecamatan) di Kabupaten Sleman akan ditempatkan minimal satu orang Jaksa yang akan melakukan pembinaan di wilayah tersebut.

Bambang menyebut program ini dinamakan JABINSA (Jaksa Bina Desa).

Lebih lanjut, mantan Aspidsus Kejati Kalimantan Barat yang belum genap empat bulan menjadi Kajari Sleman ini mengatakan, Program JABINSA ini merupakan upaya dalam melakukan pendampingan dan penyuluhan hukum kepada aparatur desa dan masyarakat.

"Sekaligus menjadi solusi preventif untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan dana desa," ucap Bambang.

Dengan begitu, menurut Bambang, diharapkan ada kebersamaan dan kemandirian. Sehingga desa-desa di wilayah Sleman tidak hanya aman tetapi juga makmur dan lestari. Serta warganya bangga dengan desanya sendiri.

Foto Kasi Pidsus Kejari Sleman Indra Aprio Handri Saragih saat memaparkan materi Bimtek dalam rangkaian acara peluncuran program JABINSA. (Foto: Dok Kejari Sleman/Ketik.co.id)Kasi Pidsus Kejari Sleman Indra Aprio Handri Saragih saat memaparkan materi Bimtek dalam rangkaian acara peluncuran program JABINSA. (Foto: Dok Kejari Sleman for Ketik.co.id)

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kasi Intel Kejari Sleman Kasi Intel Kejari Sleman Murti Ariwibowo, saat dikonfirmasi Kamis 26 September 2024.

Lebih lanjut Murti Ariwibowo menjelaskan, peluncuran progran JABINSA telah dilakukan Selasa 24 September 2024. Ia tambahkan program JABINSA yang diinisiasi oleh Kajari Sleman tersebut dimaksudkan untuk membantu para Kepala Desa dan Aparatur Desa dalam memanfaatkan dana desa yang akuntabel.

"Sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia di desa khususnya yang ada di Sleman. Serta menggali potensi yang dimilikinya," jelas Murti.

Sebelum meluncurkan program JABINSA ini, pada hari yang sama Kejari Sleman menggelar kegiatan bimbingan teknis tentang Pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa kepada para Panewu (Camat), Lurah berikut perangkat desa terkait (Carik dan Danarta) se-Kabupaten Sleman secara bertahap.

Dengan narasumber di antaranya Kasi Pidsus Kejari Sleman Indra Aprio Handri Saragih dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Pemkab Sleman.

Foto Kajari Sleman Bambang Yunianto tanpa rasa sungkan terlihat akrab menyapa Ketua Paguyuban Lurah Sleman Manikmaya, Irawan dan pamong lainnya. (paling kanan). (Foto: Dok Kejari Sleman/Ketik.co.id)Kajari Sleman Bambang Yunianto tanpa rasa sungkan terlihat akrab menyapa Ketua Paguyuban Lurah Sleman Manikmaya, Irawan dan pamong lainnya. (paling kanan). (Foto: Dok Kejari Sleman for Ketik.co.id)

Turut dihadirkan pula narasumber dari Bawaslu Sleman untuk mensosialisasikan peran aparatur pemerintahan Kalurahan dalam pelaksanaan Pilkada Sleman 2024.

Dalam kesempatan yang sama Kajari Sleman Bambang Yunianto sekaligus memaparkan mengenai Kejaksaan secara umum berikut tugas dan fungsinya.

Dari penelusuran Ketik.co.id, saat menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, salah satu inovasi yang dilakukan Bambang Yunianto adalah Program Jaksa Bina Desa (JABINSA) ini.

Banyak disebutkan berkat inovasi yang diluncurkannya tersebut menjadikan masyarakat di Kabupaten Sukabumi semakin teredukasi tentang hukum yang ada di Indonesia.

Kegiatan bimtek yang juga merupakan salah satu progran JABINSA akan kembali dilakukan pada Oktober nanti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kejari Sleman Program Inovasi Jabinsa Jaksa Bina Desa Kajari Sleman Bambang Yunianto Pemkab Sleman Penkum Kejati DIY Puspenkum Kejagung