Mendekat ke Masyarakat, Direktur PDAM Kulon Progo Rancang Kantor Baru Konsep Angkringan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

26 September 2024 10:14 26 Sep 2024 10:14

Thumbnail Mendekat ke Masyarakat, Direktur PDAM Kulon Progo Rancang Kantor Baru Konsep Angkringan Watermark Ketik
Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo DIY, Jumantoro. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo DIY H Jumantoro SE mengatakan, kualitas layanan dan hubungan yang baik antara PDAM Kulon Progo selaku penyedia jasa dengan para pelanggan (konsumen) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Menurut Jumantoro, upaya memberikan pelayanan maksimal untuk pelanggan/publik (masyarakat) agar merasa puas berbeda-beda cara tergantung sektor yang dikelola.

Ia contohkan, bagi PDAM Kulon Progo pelayanan prima yang dilakukan idealnya dibarengi dengan pembayaran tagihan pemakaian air oleh para pelanggan setiap bulannya.

Nah, untuk mengakomodir keinginan masyarakat dalam upaya memberikan layanan prima tadi, Jumantoro mengaku tengah berencana membuat kantor lagi.

Namun, kantor tersebut nantinya berbeda dengan konsep yang sudah ada. Sehingga dapat memberikan kesan yang mendalam di hati para pelanggan atau siapapun yang datang.

Jumantoro mengungkapkan selama ini ia memposisikan para pelanggan sebagai mitra. Ia juga tidak risih memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat.

Masih dalam upaya mendekatkan diri dengan para pelanggan, dirinya kemudian bertekad ingin membuat kantor yang "berbeda".

"Kantor yang mengedepankan kearifan lokal dengan suasana yang santai, menyesuaikan kebutuhan masyarakat kekinian. Dengan kemasan tersebut diharapkan para tamu yang datang, tidak merasa masuk ke dalam kantor. Namun, apa yang menjadi tujuan mereka dapat terpenuhi dengan layanan yang lebih baik," terangnya.

Foto Tanah milik Pemda DIY seluas kurang lebih 9000 m² disewa oleh PDAM Tirta Binangun untuk pengembangan kantor. Lokasi tanah tersebut berada didepan kantor PDAM ini. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Tanah milik Pemda DIY seluas kurang lebih 9000 m² disewa oleh PDAM Tirta Binangun untuk pengembangan kantor. Lokasi tanah tersebut berada didepan kantor PDAM ini. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Menurutnya kantor tersebut nantinya jauh dari kesan mewah, kaku dan formal seperti layaknya sebuah kantor yang ada selama ini.

"Kami mencoba menyesuaikan kearaifan lokal masyarakat Kulon Progo yang menginginkan pelayanan dengan suasana yang santai dan kami sedang mempersiapkannya," terangnya

Nantinya konsep kantor baru PDAM ini berbentuk rumah tradisional Jawa dan dikemas seperti layaknya angkringan. Dengan begitu selain mendapatkan apa yang dibutuhkan para pelanggan atau tamu PDAM juga dapat menikmati berbagai menu makanan atau minuman yang telah dipersiapkan.

Sementara malam harinya kantor yang dikonsep angkringan ini bisa digunakan untuk menjalankan usaha kuliner lainnya. Dengan begitu diharapkan para pelanggan PDAM tidak malas untuk datang dan mengurus kepentingannya.

Ia sebutkan meski ada kantor baru, namun kantor dengan layanan formal yang ada selama ini tetap beroperasi seperti biasa. Sehingga para pelanggan bisa memilih model pelayanan seperti apa yang ia inginkan.

Jumantoro menegaskan konsep kemasan layanan baru tadi bukan sekadar wacana saja. Saat ini perusahaan daerah yang bergerak di bidang jasa penyediaan air untuk wilayah Kabupaten Kulon Progo tersebut telah memperluas lingkungan kantornya.

Belum lama ini mereka menyewa tanah milik Pemda DIY seluas kurang lebih 9000 m². Lokasi tanah tersebut berada di depan kantor PDAM saat ini.

Di sinilah nanti kantor dengan arsitektur yang menonjolkan ciri kedaerahan dengan konsep pelayanan yang berbeda tadi akan direalisasikan. (*)

Tombol Google News

Tags:

PDAM Tirto Binangun PDAM Kulon Progo pelayanan prima Pemkab Kulon Progo Direktur PDAM Jumantoro Kearifan lokal Perpamsi Air bersih