Memasuki Usia 22 Tahun, Kota Batu Miliki Baju Adat Khas

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

18 Oktober 2023 10:45 18 Okt 2023 10:45

Thumbnail Memasuki Usia 22 Tahun, Kota Batu Miliki Baju Adat Khas Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu saat mengenakan baju adat khas kota Batu dalam Upacara HUT ke 22 Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kota Batu Saat ini telah memiliki Baju Adat. Baju adat khas kota Batu yang diberi nama Sekar Bawono tersebut mengangkat potensi Kota Batu mulai dari budaya, pertanian hingga pariwisata.

PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan, baju adat tersebut telah diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Kebudayaan Kota Batu. Kehadiran baju adat tersebut akan memperkaya kearifan budaya lokal yang ada di Kota Batu.

"Tentunya dengan mempunyai ciri khas tersendiri, maka akan semakin mudah kita mengenalkan baju adat khas Kota Batu yaitu Sekar Bawono," jelasnya, Rabu (18/10/2023).

Baju adat khas Kota Batu Sekar Buwono secara resmi diluncurkan saat upacara peringatan HUT ke 22 Kota Batu kemarin. PJ Wali Kota Batu beserta sang istri kompak mengenakan baju tersebut dalam upacara yang berlangsung di Pasar Induk Among Tani Kota Batu itu.

Kemudian, saat pagelaran wayang kulit di pasar induk Among Tani, baju adat khas kota Batu kembali dikenalkan kepada masyarakat.

"Barusan saja Kota Batu sudah meresmikan baju adat khas Kota Batu yang dulunya kita mungkin masuk di Malang Raya, sekarang kita punya baju adat khas sendiri," urainya.

Aries menyebutkan, baju adat khas Kota Batu merepresentasikan potensi kota Batu sebagai kota wisata. Dengan filosofi yang kuat tentang potensi yang dimiliki Kota Batu yakni, kebudayaan, pertanian dan pariwisata. 

"Kemarin telah dibahas oleh para pemuka adat kita dan alhamdulillah sudah di SK kan. Kemudian dilaunching pada saat gelar pesta rakyat dan gelar wayang kulit," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Baju adat khas kota Batu Pj Wali Kota Batu HUT ke 22 Kota Batu