Mengenal Oriza Dian Lestari, Duta Genre Karawang 2022

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

21 November 2023 04:58 21 Nov 2023 04:58

Thumbnail Mengenal Oriza Dian Lestari, Duta Genre Karawang 2022 Watermark Ketik
Oriza Dian Lestari, Duta Genre Karawang 2022 (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, KARAWANG – Oriza Dian Lestari, akrab dengan panggilan Oriza, mahasiswi cantik Semester VII Prodi Hubungan Internasional Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang juga seorang Duta Genre Karawang 2022.

"Selama menjabat sebagai Duta Genre saya kerap melakukan sosialisasi terkait Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi pada Remaja (TRIAD KRR) yang terdiri dari pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan Napza," kata Oriza kepada media online nasional Ketik.co.id, pada hari Selasa (21/11/2023).

Menurut pemilik akun media sosial Instagram @oriza.dnlst menuturkan, bahwa sosialisasi yang dilakukan ini ditujukan kepada teman-teman remaja yang ada di Kabupaten Karawang agar dapat terhidar dari hal-hal negatif tersebut. 

"Selain itu, sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk menurunkan angka stunting agar tercipta remaja yang sehat, cerdas, dan ceria untuk menghadapi Indonesia Emas 2045," terang Dia menambahkan dengan detail.

Kini, setelah selesai masa jabatan sebagai Duta Genre, Oriza masih terus aktif tergabung dalam Forum Genre Karawang sebagai anggota divisi ekonomi kreatif. 

"Tahun ini akan melaksanakan kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Provinsi Jawa Barat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung," ungkapnya membeberkan.

Di mana ia mengatakan, bahwa Forum Genre Karawang akan mengirimkan 6 delegasi ke tingkat Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 2 orang Duta Genre Karawang dan 4 orang Forum Genre Karawang.

"Salah satunya saya yang akan mewakili lomba forum tersebut," beber Oriza yang hobi menonton film, di mana setelah itu biasanya ia browsing hal baru yang ditemukan di film tersebut sambil belajar.

Setelah menyelesaikan perkulihan nanti, ia bercita-cita ingin menjadi diplomat sesuai dengan jurusan yang diambil. Di mana untuk menggapai hal tersebut menurutnya tentunya tidaklah mudah.

Foto Oriza Dian Lestari sosialisasi Duta Genre Karawang di sekolah-sekolah (Foto: dokumen pribadi)Oriza Dian Lestari sosialisasi Duta Genre Karawang di sekolah-sekolah (Foto: dokumen pribadi)

"Oleh karena itu, saya senang dapat mencoba banyak hal baru salah satunya dengan tergabung dalam Genre sehingga bisa bertemu dengan banyak orang hebat yang bisa saling menginspirasi dan membuat lebih berkembang," tuturnya.

Terakhir, Oriza berharap ke depannya ingin bisa terus menginspirasi remaja-remaja di Indonesia. Ia kerap menyatakan, apa yang dilakukan pertama kali memang tidak akan sempurna, tapi tenang saja itu tidak akan bertahan selamanya seiring berjalannya waktu. 

"Ayo berkembang lebih baik lagi, kita tidak akan tahu jika tidak mencobanya, berdiam diri hanya akan menghabiskan energi dan motivasi. Karena kita di masa depan adalah hasil dari yang dikerjakan saat ini. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dan mulailah dari sekarang," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, Oriza memiliki prestasi membanggakan, yaitu:
1. Internship Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta sebagai bidang pemberantasan dan Intelijen (2023).
2. Penerima MSIB Batch 3 (Kemndikbud Ristek) di Yayasan Adipurna Inovasi Asia sebagai Staff Affiliate Partnership & Sales.
3. Penerima MSIB Batch 4 (Kemendikbud Ristek) di Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Lembaga National Single Window) sebagai Staff Pelaksana Kemitraan Luar Negeri.
4. Juara 1 Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Karawang 2022.
5. Penerima Beasiswa Bank Indonesia 2022/2023.

Adapun pengalamannya, selain aktif di Genre Karawang, ia juga beberapa kali diundang untuk menjadi pembicara dalam seminar/webinar, salah satunya tangal 18 November 2023 menjadi pembicara di SMK Taruna Bhakti terkait public speaking bersama JBZ Kabupaten Bekasi dan Emina Cosmetic Kabupaten Bekasi.

Tombol Google News

Tags:

Cantik Oriza Dian Lestari Duta Genre Karawang 2022