Menikmati Keindahan Alam Kota Batu Lewat Wisata Brakseng

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

30 September 2023 11:51 30 Sep 2023 11:51

Thumbnail Menikmati Keindahan Alam Kota Batu Lewat Wisata Brakseng Watermark Ketik
Pengunjung sedang menikmati keindahan alam wisata Brakseng di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Menikmati pemandangan pegunungan saat akhir pekan bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan penat. Maka, Wisata Brakseng di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu patut menjadi pilihan Anda.

Puncak Brakseng ini berada di ketinggian 1.700 mdpl. Di wisata ini pengunjung akan disuguhi dengan keindahan hamparan lahan pertanian di atas bukit. Lahan pertanian yang dikelilingi oleh jurang, lembah dan hutan Lereng Gunung Welirang. 

Kawasan Wisata Brakseng ini sangat luas. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam Brakseng sesuka hati di manapun memarkir kendaraan. 

Atau pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri jalan sambil menikmati berbagai spot keren untuk berfoto. Di sana, pengunjung juga akan menjumpai tanaman sayur mayur seperti wortel, kol, kubis, dan kentang milik warga. 

Asisten pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Pemkot Batu, Susetya Herawan mengutarakan kekagumannya akan keindahan alam di wisata Brakseng Desa Sumberbrantas. Ia sangat mendukung program Re-inventing Sengkuyung Bumiaji yang digagas Camat Bumiaji.

Program Re- inventing Sengkuyung Bumiaji tersebut adalah mengajak seluruh elemen masyarakat desa untuk bersama-sama membangun desa wisata di Kecamatan Bumiaji. Yaitu dengan mengambil potensi desa yang ada untuk dikelola bersama dan untuk kepentingan masyarakat desa.

"Kami berharap penguatan di sektor ini jika dikuatkan juga dengan Perdes dan lain-lain. Sehingga arah ke depannya bisa lebih meningkatkan pendapatan asli desa, khususnya di Desa Sumberbrantas ini," urainya saat meninjau wisata Brakseng bersama Camat Bumiaji beberapa waktu lalu.

Herawan berharap, Wisata Brakseng terus berkembang dengan tetap mempertahankan potensi pemandangan pertanian sebagai daya tarik. Ke depannya, ia juga berharap ada penguatan di lembaga adat. Sehingga keindahan alam dan potensi pertanian di kawasan Brakseng tetap terjaga.

"Kita berharap juga mungkin nanti melalui Perdes. Wisata Brakseng ini diperluas menyediakan camping ground yang saya pikir ini luar biasa kalau bisa dikembangkan ke depannya," urainya.

Untuk masuk ke wisata Brakseng, pengunjung cukup membayar Rp 5 ribu per orang. Selain menikmati kesejukan dan keindahan alam, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner di Kafe Wisata Brakseng. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati jeep adventure yang disediakan warga desa Sumberbrantas. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Wisata Brakseng