Mengenal Sippoin, Gagasan DPMPTSP Kota Batu untuk Promosikan UMKM

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

6 September 2024 14:30 6 Sep 2024 14:30

Thumbnail Mengenal Sippoin, Gagasan DPMPTSP Kota Batu untuk Promosikan UMKM Watermark Ketik
Kepala DPMPTSP Kota Batu Dyah Lies Tina menjelaskan aplikasi Sippoin dalam suatu acara. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu menggagas aplikasi Sistem Informasi Peluang dan Potensi Investasi (Sippoin). Aplikasi ini untuk mewadahi promosi produk unggulan UMKM.

Kepala DPMPTSP Kota Batu Dyah Lies Tina menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut merupakan Platform Digital berbasis Web. Keberadaanya sangat penting bagi pengembangan ekonomi lokal. Dikatakannya, Sippoin akan menjadi sarana promosi bagi UMKM dan ekonomi kreatif di Kota Batu.

"Kami ingin membuka akses informasi yang lebih luas mengenai potensi yang dimiliki, sehingga pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang yang ada,” jelasnya, Jumat, 5 September 2024.

Salah satu fitur utama Sippoin adalah sistem akurasi informasi yang ketat, dimana setiap usaha yang ingin dipublikasikan harus melalui proses pendaftaran dan verifikasi terlebih dahulu.

Proses ini melibatkan survei oleh Dinas terkait, termasuk Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan DPMPTSP, untuk memastikan legalitas dan kelengkapan administrasi seperti badan hukum dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

 "Aplikasi Sippoin ini memvisualisasikan berbagai potensi dan peluang investasi di Kota Batu yang mudah diakses," terang Dyah.

Dyah menegaskan, aplikasi yang digagasnya tersebut memiliki fitur interaktif UMKM bermitra. Yang juga dilengkapi dengan fitur Peta Lokasi Potensi dan Peluang Investasi di Kota Batu yaitu Web GIS yang interaktif dan detail termasuk lokasi potensial dan infrastruktur.

Dijelaskannya, Sippoin memiliki kelebihan antara lain kecepatan dalam memperoleh informasi potensi dan peluang investasi Kota Batu yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

"Lalu, integrasi Data termasuk data UMKM, Infrastruktur dan data lainnya. Serta, visualisasi data yang interaktif dan mudah dipahami," tegasnya. (*)

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu Sippoin UMKM