Meriahnya Upacara Pembukaan SEA Games 2023, Diwarnai Atraksi Budaya Lokal Kamboja

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

6 Mei 2023 00:04 6 Mei 2023 00:04

Thumbnail Meriahnya Upacara Pembukaan SEA Games 2023, Diwarnai Atraksi Budaya Lokal Kamboja Watermark Ketik
Kontingen Indonesia dalam Opening Ceremony di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023). (Foto: NOC Indonesia)

KETIK, JAKARTA – Upacara pembukaan SEA Games 2023 telah rampung digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023) malam WIB. Budaya Kamboja, mulai dari tarian hingga musik memeriahkan acara tersebut.

Acara dimulai dengan anak-anak kecil yang memasuki stadion tempat berlangsungnya acara dengan membawa bendera Kamboja. Bendera dikibarkan dengan diiringi lagu kebangsaan negara tersebut.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan teatrikal cerita rakyat Kamboja dengan tema kelahiran Kerajaan Khmer. Kemudian lanjut dinyanyikan lagu resmi SEA Games 2023 berjudul Cambodia Pride.

Acara dilanjutkan dengan sederetan pakaian adat yang ditampilkan peraga yang masuk ke tengah lapangan. Dalam penampilan tersebut, sejumlah penampil berjalan bergantian dengan memakai kombinasi pakaian adat Kamboja.

Setelah itu, para penampil tampil dengan menunjukkan beragam budaya-budaya negara Kamboja. Seperti salah satunya di awal dengan menabuh alat musik tradisional dan ditutup dengan bendera besar Kamboja di tengah Stadion.

Foto Penampilan treatikal cerita rakyat Kamboja pada upacara pembukaan SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023) malam. (FOTO: Tangkapan Layar YouTube, PRESS OCM)Penampilan treatikal cerita rakyat Kamboja pada upacara pembukaan SEA Games 2023. (Foto: Tangkapan Layar YouTube, PRESS OCM)

Puncaknya tentu saja masuknya para perwakilan defile (pembawa bendera) dari tiap negara, termasuk Indonesia. Defile Indonesia masuk kedua, setelah Brunei Darussalam.

Disusul negara peserta lain seperti Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Kamboja, selaku tuan rumah, masuk paling terakhir ke lapangan dan mendapat sambutan meriah.

Usai sesi defile, digelar pengibaran bendera SEA Games. Sesi berlanjut ke pembacaan janji atlet dan pidato dari Dewan SEA Games, Ketua SEA Games 2023, juga perwakilan IOC, dan terakhir Perdana Menteri Kamboja.

SEA Games 2023 pun resmi dibuka setelah obor SEA Games dinyalakan. Kembang api pun menutup acara pembukaan SEA Games 2023. 

Kamboja Minta Maaf atas Kejadian Bendera Indonesia Terbalik

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat keberatan atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik. Peristiwa terjadi saat gladi resik, disiarkan di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Surat keberatan dilayangkan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC). Tuan rumah pun langsung meminta maaf atas kejadian tersebut.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia. Mereka juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami dan bertindak cepat. Sehingga, kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, Jumat (5/5/2023).

NOC Indonesia telah mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei. Surat itu ditandatangani Harry Warganegara ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda,” tulis Harry.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN. Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabor.(*)

Tombol Google News

Tags:

SEA Games Kamboja Pembukaan