Muaythai Jatim Kantongi 20 Tiket di PON XXI Aceh-Sumut

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

26 Agustus 2023 06:45 26 Agt 2023 06:45

Thumbnail Muaythai Jatim Kantongi 20 Tiket di PON XXI Aceh-Sumut Watermark Ketik
Tommy Bagus (Biru) atlet Muaythai Jatim berusaha membawa Jatim unggul di BK PON, Sabtu (26/8/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Muaythai Jatim mengantongi 20 tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatra Utara. Dalam Gelaran PON, cabang olahraga (Cabor) muaythai akan dipertandingan 22 nomor dengan 4 nomor seni dan 18 nomor tarung.

"Saya tidak punya target, namun anak-anak sudah latihan, training camp lima bulan, kelihatan anak-anak yang rajin latihan ikuti program pelatih akhirnya mereka dapat hasilnya. Ini prestasi luar biasa bagi Jatim, bukan karena tuan rumah wasit pun ada lima, wasit asal Jatim juga tidak tugas saat kami tanding," ujar Ketua MI Jatim, Baso Juherman, Sabtu (26/8/2023).

Dari 16 atlet nomor tarung, 11 atlet telah melaju ke babak final. Sedangkan, lima lainnya harus gugur di babak semifinal. "Saya minta doanya kepada masyarakat Jatim semoga di BK PON ini bisa juara umum," ucap Baso.

Hal senada juga diakui oleh Kepala Pelatih Muaythai Jatim, Soldier Of Fortuna. Ia mengaku, hasil yang ditorehkan Jatim di BK PON ini di luar dugaannya.

"Ini di luar ekspetasi kami karena kami hanya memprediksi mungkin hanya 11 saja atau separuh dari total nomor pertandingan. Ternyata kami bisa meraih 20 tiket," ungkap Soldier.

Kesuksesan ini tak lepas dari program pembinaan yang digagas oleh Ketua MI Jatim Baso Juherman. Salah satunya adalah menggelar rutin Liga Muaythai Jatim sehingga membuat banyak atlet-atlet asal daerah ikut berlaga.

Dari hasil liga itu kemudian para atlet dibina oleh tim pelatih dan terus diasah tiap bulannya melalui liga tersebut.

"Dengan adanya kompetisi setiap bulan ini membuat atlet-atlet bisa meningkatkan kemampuannya. Hasilnya sudah terbukti sekarang bisa mendapat 20 tiket ke PON," ujarnya.

Program training camp jangka panjang yang digelar berhasil membuat anak asuhnya lebih konsentrasi dalam berlatih. Soldier juga mengapresiasi kerja keras para atlet yang menunjukkan semangat tanding yang luar biasa. Termasuk para orang tua atlet yang jauh-jauh datang untuk memberikan suntikan motivasi kepada atlet.

Selanjutnya, mantan atlet Tinju itu berharap ada tambahan medali emas di nomor tarung. Sebab, sudah ada beberapa nama yang memastikan langkah ke babak final.

"Di babak final saya harap anak-anak main lepas saja. Mohon doanya semoga bisa menambah medali emas," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Muaythai Muaythai Jatim BK PON PON Pekan Olahraga Nasional