Musda MUI Kaimana: Meneguhkan Peran Merajut Ukhuwah dan Memperkuat Islam Wasathiyah

Jurnalis: La Jen
Editor: Muhammad Faizin

24 Agustus 2024 10:10 24 Agt 2024 10:10

Thumbnail Musda MUI Kaimana: Meneguhkan Peran Merajut Ukhuwah dan Memperkuat Islam Wasathiyah Watermark Ketik
Asisten II Sekda Dedi Djunaedi Ombaier saat memberikan sambutan kegiatan Musyawarah Daerah IV MUI Kabupaten Kaimana di gedung pertemuan Krooy ( foto La Jen/Ketik.co.id)

KETIK, KAIMANA – Bertempat di gedung pertemuan Krooy Kaimana, diselenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) IV Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat pada tanggal 24 Agustus 2024. 

Asisten II Sekda Kaimana, Dedi Junaedi Ombaier S.STP.M.Si. secara resmi membuka kegiatan ini dengan memukul rebana, sekaligus membacakan sambutan Bupati Kaimana.

Musda yang mengangkat tema "Meneguhkan Peran MUI dalam Merajut Ukhuwah di Tengah Keberagaman dan Memperkuat Islam Wasathiyah di Kabupaten Kaimana" ini dihadiri oleh Ketua MUI Provinsi Papua Barat yang diwakili oleh Ibu Siti Lailiyatul Chotimah, Forkopimda, pimpinan OPD, Ketua MUI Kabupaten Kaimana, tokoh agama, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dedi Ombaier menekankan pentingnya peran MUI sebagai wadah yang luhur bagi para ulama, cendekiawan agama, dan masyarakat umum untuk bersama-sama mengedepankan nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil ‘alamin.

 

Foto Asisten II Sekda Kaimana Dedi Djunaedi Ombaier saat foto bersama kegiatan Musyawarah Daerah IV MUI Kabupaten Kaimana di gedung pertemuan Krooy (foto La Jen/Ketik.co.id)Asisten II Sekda Kaimana Dedi Djunaedi Ombaier saat foto bersama kegiatan Musyawarah Daerah IV MUI Kabupaten Kaimana di gedung pertemuan Krooy (foto La Jen/Ketik.co.id)

 

"Dalam era globalisasi seperti saat ini, kita dihadapkan pada berbagai isu kompleks, mulai dari tantangan moral hingga perubahan sosial yang begitu cepat. Oleh karena itu, peran ulama dan MUI sangat penting dalam menjaga kesucian ajaran Islam, menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar agama," tegas Dedi Ombaier. 

Ia berharap Musda ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran cemerlang dan solusi-solusi konstruktif untuk menghadapi tantangan zaman. Dedi Ombaier juga menekankan pentingnya semangat dialog dan toleransi dalam merangkul berbagai pandangan yang beragam, selama masih sesuai dengan nilai-nilai Islam yang murni.

Dedi Ombaier juga mengingatkan bahwa Musyawarah merupakan jenjang tertinggi dalam mekanisme suatu organisasi, sebagaimana yang diatur dalam Anggaran Dasar (AD) dan ketentuan-ketentuan lainnya.

"Dengan demikian, Musyawarah mutlak diperlukan dan dilaksanakan karena merupakan perwujudan, baik yang dilakukan sesuai dengan masa kepengurusan, maupun karena sesuatu hal yang dipandang perlu, untuk segera diadakan Musyawarah sebelum masa kepengurusan berakhir," jelasnya.

Dedi Ombaier berharap kepada para peserta Musda untuk selalu mengutamakan asas musyawarah dalam menjaring kandidat-kandidat yang akan duduk dalam kepengurusan baru, guna mencapai mufakat.

"Sehingga salah satu tujuan diadakannya Musda dapat tercapai sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan mampu mengakomodasi keinginan para anggota Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kaimana ke depannya," tambahnya.

Dedi Ombaier menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Kaimana untuk terus mendukung dan menjalin kerja sama erat dengan MUI Kabupaten Kaimana dalam mengimplementasikan program-program yang berpihak pada kemaslahatan umat.

"Kita dapat bekerja bersama dalam bidang pendidikan agama, pemberdayaan masyarakat, dan pengembangan kesejahteraan bersama," ujarnya.

Dedi Ombaier menutup sambutannya dengan harapan agar Musda ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk kemajuan umat dan memberikan pencerahan bagi semua.

Musda MUI Kabupaten Kaimana ini menjadi momentum penting bagi para ulama dan tokoh agama untuk bersama-sama merumuskan strategi dalam memperkuat peran MUI dalam membangun masyarakat yang berakhlak mulia, toleran, dan sejahtera.

Tombol Google News

Tags:

Dedi Ombaier Ustadz Zein Farisa MUSDA IV MUI Kabupaten Kaimana Pemkab Kaimana