Pacu UMKM Go Internasional, Diskopindag Kota Malang Perkuat Kemitraan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

19 Januari 2024 07:30 19 Jan 2024 07:30

Thumbnail Pacu UMKM Go Internasional, Diskopindag Kota Malang Perkuat Kemitraan Watermark Ketik
Salah satu perwakilan Kedubes Rusia saat melihat produk UMKM Kota Malang di MCC. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus memacu pelaku UMKM untuk menarik pangsa pasar internasional. Salah satu upaya yang dilakukan ialah menjalin kemitraan dengan berbagai sektor.

Kepala Bidang UMKM Diskopindag Kota Malang, Farid Suaidi menjelaskan kemitraan yang dibangun, khususnya dengan daerah-daerah penghasil bahan baku untuk kebutuhan UMKM.

Pasalnya Kota Malang memiliki produk keripik buah yang diminati di pasar internasional. Sayangnya terdapat beberapa varian yang bahan bakunya hanya dapat diperoleh dari daerah lain.

"Persoalannya ada di bahan bakunya. Kalau kita bicara keripik buah kan bahan bakunya musiman. Kita ada keripik buah yang orientasinya sudah ekspor," ujar Faried, Jumat (19/1/2024).

Beberapa daerah yang menjadi sasaran kemitraan Kota Malang untuk memenuhi bahan baku ialah Kota Batu dan Kabupaten Malang. Bentuk kerjasama yang dijalin dengan para petani maupun pemasok, mampu mensupply kebutuhan UMKM di Kota Malang.

"Kita kemitraan dengan daerah penghasil bahan baku, terbesar ada di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Juga ada jenis pisang yang hanya ada di daerah Lumajang. Kita kerjasama dengan petani untuk bisa supply kebutuhan UMKM," lanjut Faried.

Menurut Faried, banyak produk Kota Malang yang sudah diminati di pasar internasional. Salah satunya ialah Gado-gado Pak Atim Dempo yang telah rutin ekspor produk hingga ke Texas dan California.

"Bumbu gado-gado cak atim Gado-gado Pak Atim yang ada di Dempo itu rutin ke Texas dan California. Bukan sekali kirim, hampir tiap bulan, hanya saja tidak terdeteksi karena tidak ada di data bea cukai," lanjutnya.

Untuk itu Diskopindag Kota Malang berupaya agar semakin banyak UMKM yang naik kelas dan go internasional. Untuk melancarkan jalan pelaku UMKM, maka diperlukan kelengkapan legalitas yang telah difasilitasi oleh Diskopindag Kota Malang.

"Supaya mudah go internasional, yang dibutuhkan UMKM pasti legalitas. Semua kami fasilitasi, lalu untuk merk, sertifikasi halal, uji nutrisi, BPOM, sudah kami fasilitasi. Mungkin tinggal selangkah lagi, mereka bisa go internasional," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

umkm kota malang Produk UMKM UMKM Go Internasional Kota Malang Diskopindag Kota Malang