Pantai Tanjung Penyu di Kabupaten Malang Jadi Primadona Baru Wisatawan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

21 Januari 2024 04:06 21 Jan 2024 04:06

Thumbnail Pantai Tanjung Penyu di Kabupaten Malang Jadi Primadona Baru Wisatawan Watermark Ketik
Pantai Tanjung Penyu di Kabupaten Malang difoto dari udara. (Foto: Instagram Tanjung Penyu).

KETIK, MALANG – Kabupaten Malang memiliki potensi wisata pantai yang sangat banyak. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Penyu di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang jadi primadona baru bagi wisatawan.

Keberadaan Pantai Tanjung Penyu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, baru dimanfaatkan untuk kepentingan wisata dan dibuka pada tahun 2023. Keindahan pantai ini juga viral di media sosial.

Sedangkan lokasinya berada di sekitar pantai yang sudah terkenal sebelumnya. Yakni di dekat Pantai Teluk Asmara dan Pantai Goa Cina. Suasana maupun vibe di Pantai Tanjung Penyu seperti di Pulau Dewata Bali.

Untuk menuju Pantai Tanjung Penyu dari Kota Malang, menempuh waktu perjalanan 1,5 jam hingga 2 jam. Bisa melewati Kecamatan Sumbermanjing wetan maupun Kecamatan Bantur Kabupaten Malang.

Disarankan untuk melewati Kecamatan Sumbermanjing Wetan, karena jalannya lebih bagus meski cenderung berkelok. Apabila melewati Kecamatan Bantur, jalannya masih rusak belum diperbaiki.

Pantai Tanjung Penyu di Kabupaten Malang difoto dari udara. (Foto: Instagram Tanjung Penyu).

Fasilitas yang sudah tersedia di pantai ini antara lain area parkir, toilet, warung makan, spot foto dan gazebo. Untuk masuk pantai, cukup membayar tiket Rp 10 ribu per orang.

Sedangkan untuk tiket parkir mobil Rp 5 Ribu dan motor Rp 3 ribu. Sesuai namanya, yang menjadi beda atau kekhususan dari tempat itu adalah terdapat pulau dan karang berbentuk Penyu.

"Baru dibuka akhir 2023 kemarin langsung diserbu wisatawan," kata salah satu warga sekitar bernama Indra kepada media online nasional Ketik.co.id, Minggu, (21/1/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, sebenarnya keberadaan tempat atau pantai ini sudah ada sejak lama. Namun, saat itu aksesnya belum sebagus sekarang.

"Bisa masuk melalui pantai sekitarnya. Sekarang aksesnya sudah dibangun," sebutnya.

Sehingga, kata Indra, untuk menuju Pantai tersebut tidak perlu masuk dari pantai sekitarnya seperti sebelumnya.

Kondisi Pantai Tanjung Penyu kata ia sangat bersih dan pasirnya berwarna putih.

Keberadaan Pantai Tanjung Penyu saat ini menjadi primadona eetelah banyak warganet yang mengulas, membagikan foto dan video tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan YouTube. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pantai Tanjung Penyu Kabupaten Malang Wisata