Pemkab Malang Raih IGA 2023 sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

12 Desember 2023 16:17 12 Des 2023 16:17

Thumbnail Pemkab Malang Raih IGA 2023 sebagai Kabupaten Sangat Inovatif Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi ketika menerima IGA 2023 di Kantor Kemendagri. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Penghargaan kembali diterima Pemerintah Kabupaten Malang. Kali ini, Pemkab Malang meraih Innovative Government Award (IGA 2023) sebagai kabupaten sangat inovatif dari Kemendagri.

Penghargaan diterima Bupati Malang Sanusi di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, (12/12/2023). Penghargaan ini diterima bersama 42 kabupaten/kota lainnya.

Turut mendampingi Bupati Malang Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Aprija Wirawan, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Dr. Dra. Liswan Nobiyana Tulee.

Bupati Malang Sanusi mengatakan, berbagai pihak di Kabupaten Malang sudah terlibat dan berkontribusi dalam melakukan inovasi pembangunan di Kabupaten Malang.

"Sehingga pada kesempatan ini Kabupaten Malang mendapatkan apresiasi kembali oleh Pemerintah Pusat dengan memberikan penghargaan bagi Pemerintah Daerah melalui ajang Innovative Government Award (IGA) yang rutin dilaksanakan setiap Tahun oleh Kemendagri," ujar Sanusi.

Ia melanjutkan, atas prestasi yang telah diraih tersebut, selanjutnya Bupati Malang berkomitmen untuk terus mempertahankan serta meningkatkan capaian yang telah diraih sebagai Kabupaten Sangat Inovatif.

“Melalui prestasi ini, saya ingin memotivasi agar seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang agar terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi,” ucapnya.

Sebagai informasi, beberapa inovasi yang telah diciptakan Pemkab Malang di antaranya mengembangkan inovasi pangan berbasis kearifan lokal. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan penduduk Kabupaten Malang yang kini berjumlah 2.611.907 jiwa.

Selanjutnya pada tahun 2023, Pemkab Malang meraih penghargaan atas Inovasi “Putik Sari” Kampung Tematik Wonasari Berseri sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Klaster Pemerintah Kabupaten Tahun 2023, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia (RI).

Sedangkan pada tahun 2022, Aplikasi Konco Sregep milik DP2KB Kabupaten Malang meraih penghargaan Indonesia Healthcare Innovation Awards atau IHIA ke VI 2022. Kala itu Bupati Malang Sanusi menerima penghargaan secara langsung.

Selain itu, masih banyak inovasi lainnya yang dilakukan oleh seluruh stakeholder di Kabupaten Malang. Mulai dari tingkat OPD, BUMD, hingga desa berlomba-lomba menciptakan inovasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Malang IGA 2023 Inovasi penghargaan Mendagri