Pemkot Promosikan Wisata Kota Lama Surabaya Lewat Lomba Video

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

4 September 2024 08:14 4 Sep 2024 08:14

Thumbnail Pemkot Promosikan Wisata Kota Lama Surabaya Lewat Lomba Video Watermark Ketik
Salah satu penampilan live dari OPD di Lingkungan Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Sebagai objek wisata baru di Kota Surabaya, Kawasan Kota Lama Surabaya banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya warga setempat, banyak dari luar daerah yang menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata sejarah tersebut.

Untuk semakin menyemarakkan suasana Kota Lama Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar lomba karya video yang dengan tema "Bercerita Surabaya".

Lomba ini diikuti 65 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Surabaya dan telah terpilih 10 finalis dan video terbaik. Dalam video tersebut para peserta mengisahkan tempat bersejarah yang ada di kawasan Kota Lama Surabaya.

“Saya sangat bangga melihat antusiasme dari seluruh OPD Pemkot Surabaya. Ini menjadi komitmen kita untuk terus mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata dan budaya di Surabaya,” kata Eri, Selasa 3 September 2024.

Dengan adanya lomba video ini diharapkan bisa mengangkat beragam tempat bersejarah yang ada di Kawasan Kota Lama Surabaya. Sehingga makin banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke wisata tersebut.

Foto Penampilan mereka menggambarkan sejarah mengenai Kota Lama Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)Penampilan mereka menggambarkan sejarah mengenai Kota Lama Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

Untuk semakin memudahkan pengunjung di Kawasan Kota Lama Surabaya, Eri juga memerintakan kepada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) untuk membuat deskripsi melalui tulisan atau tampilan di layar monitor terhadap bangunan bersejarah. 

"Jadi kalau ada wisatawan yang datang bisa membaca dari deskripsi sejarah tempat itu atau melalui layar monitor,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya Mia Santi Dewi menuturkan lomba video "Bercerita Surabaya" ini awalnya diikuti oleh 65 OPD di lingkungan Pemkot Surabaya. 

Kemudian 10 finalis dengan karya terbaik tampil secara live di Gedung Balai Budaya untuk dinilai secara langsung oleh dewan juri.

Kriteria penilaiannya antara lain ketercakupan muatan cerita, kerunutan cara bercerita, kemantapan gagasan atau usulan pengembangan, tampilan, dan kemampuan interaksi dengan audience.

“Mereka tampil secara live untuk dinilai oleh dewan juri dengan beberapa penilaian kriteria penilaian hingga ditentukan pemenangnya," paparnya.

Adapun para pemenang lomba “Bercerita Surabaya”, juara I diraih Disbudporapar, juara II diraih Dispusip, serta juara III diraih Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM).

Selanjutnya, harapan I diraih Kecamatan Sambikerep, Harapan II diraih Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), harapan III diraih Bagian Umum, Protokol, dan Komunikasi Pimpinan, serta juara Favorit diraih Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kawasan Kota Lama Surabaya objek wisata Lomba Video Bercerita Surabaya OPD Pemkot Surabaya Kreativitas