Pemuda Lumajang Wakili Jatim dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Naufal Ardiansyah

5 April 2024 12:28 5 Apr 2024 12:28

Thumbnail Pemuda Lumajang Wakili Jatim dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional Watermark Ketik
Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni melihat produk NPK. (Foto: Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Pemuda asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Asriafi Ath Tha’ariq ditunjuk menjadi peserta lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional yang akan mewakili Provinsi Jawa Timur. 

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), menyatakan dukungannya terhadap hasil inovasi produk Niki Pupuk Kompos (NPK), karena manfaatnya yang besar untuk masyarakat, terutama pada sektor pertanian.

Selain itu, Produk NPK tersebut juga telah dipresentasikan di DPMD Provinsi Jawa Timur, dan berhasil meraih kepercayaan dewan juri dan DPMD untuk mewakili Provinsi Jawa Timur pada perlombaan TTG di Tingkat Nasional. 

"Jadi Mas Tha’ariq ini nanti yang akan mewakili Provinsi Jawa Timur dalam perlombaan TTG tingkat nasional," kata Yuyun saat dimintai keterangan, usai meninjau proses pembuatan produk NPK, di PT. Waroeng Domba Sembilan Sembilan, Dusun Rekesan Desa Sumbersuko, Jumat (5/4/2024). 

Ia menjelaskan, bahwa produk tersebut, memadukan bahan-bahan dari alam, limbah/kotoran ternak yang dicampur, dan menghasilkan kompos organik yang sangat bermanfaat untuk pertanian. 

"Pupuk ini ada yang dari limbah ternak, kemudian tembakau dan saput kelapa. Dan ternyata semua limbah yang tadinya dibuang mencemari tanah, ini bisa diolah untuk menjadi pupuk dan ada nilainya," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PJ Bupati Lumajang Produk NPK Lumajang berita lumajang hari ini