Pengunjung Pameran 'Aku' Diajak Ikut Andil dalam Karya Lukis

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

7 September 2023 07:14 7 Sep 2023 07:14

Thumbnail Pengunjung Pameran 'Aku' Diajak Ikut Andil dalam Karya Lukis Watermark Ketik
Pengunjung menggoreskan karya dalam coretan Riyanto Sinyo di Galeri Raos Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pengunjung pameran seni bertajuk 'Aku' di Galeri Raos Kota Batu diajak untuk ikut andil dalam karya lukis. 

Salah satu seniman yang mengikuti pameran, Riyanto Sinyo mencoretkan garis yang tidak beraturan pada sebuah kanvas. 

Nantinya, coretan itu dilihat kemudian direspon oleh pengunjung. Tujuannya merangsang pengunjung untuk berimajinasi dan ikut andil dalam karya.

"Coretan ini bebas. Nanti tergantung pengunjung melihatnya seperti apa kemudian melanjutkan coretan ini seperti apa," kata Sinyo, Kamis (7/9/2023).

Coretan tersebut sudah ada sejak dua hari lalu dan sudah ada pengunjung yang menggambar mengikuti pola garis tidak beraturan. Sinyo mengatakan, setiap pengunjung akan menggambarkan bentuk yang berbeda-beda. 

"Selanjutnya kalau sudah penuh tinggal saya respon gambar. Saya respon ulang untuk menjadi satu kesatuan yang enak dilihat," tambahnya.

Sinyo menegaskan, coretan tersebut sebenarnya mengajak pengunjung untuk berkarya dan membawa pesan bahwa menggambar itu tidak ada kata salah. Menurutnya, setiap coretan akan menghasilkan coretan yang indah.

"Nanti tugas saya menjadikan kesatuan supaya tidak putus. Nanti setelah selesai nanti baru saya amati kemudian nanti saya berikan judul. Karena ini ide bersama," ulasnya.

Diberitakan sebelumnya, Seniman Pondok Seni Kota Batu menggelar pameran "Aku" di Galeri Raos jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Pameran yang melibatkan 10 seniman tersebut berlangsung dari 19 Agustus hingga 10 September 2023.

Berbagai karya seni mulai dari lukisan, Karya Logam hingga kolase kertas dipamerkan di Galeri Raos. 

Watonisays, Seniman sekaligus Ketua Pondok Seni Kota Batu mengatakan, pameran bertajuk Aku tersebut adalah pameran karya ke-aku-an dari seniman tersebut. Artinya, karya-karya tersebut merupakan hasil dari keseharian yang dialami atau dirasakan oleh seniman itu sendiri.

"Aku ya aku bukan kamu, atau mereka. Jadi pameran ini memunculkan karya seni yang tidak dipengaruhi oleh karya orang lain," jelasnya.

Pameran diikuti seniman senior Kota Batu seperti Riyanto Sinyo, Watonysays, Syamsu S, Soegiono, Yusfianto, Anwar, M Taufik, dan Prie Wahyuono. Ada juga dua seniman muda yang ikut yakni Mofasa dan Dewi Ratna.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Galeri Raos