Pengunjung Perpustakaan Kota Batu Terus Meningkat

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

6 September 2023 08:33 6 Sep 2023 08:33

Thumbnail Pengunjung Perpustakaan Kota Batu Terus Meningkat Watermark Ketik
Ruang lobi Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu di jalan Kartini Kota Batu, Rabu (6/9/2023).(Foto: Sholeh/ketik.co.id).

KETIK, BATU – Pengunjung Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu terus mengalami kenaikan. Hal itu menunjukkan bahwa minat membaca masyarakat kota Batu cukup tinggi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Shanti Restuningsasi mengatakan kunjungan masyarakat ke perpustakaan Kota Batu mencapai 2.500 orang per bulan di tahun 2023. Jumlah tersebut naik signifikan dari tahun 2022 yang hanya 1.000 orang per bulan.

"Sangat meningkat sekali, kenaikkan sangat signifikan. Karena kita MoU dengan sekolah-sekolah. Jadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler sekolah adalah mengunjungi perpustakaan," katanya, Rabu (6/9/2023).

Menurut Shanti, perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca buku, tetapi juga sebagai tempat pelatihan. Perpustakaan Kota Batu  kerap menjadi tempat wisata edukasi bagi siswa TK maupun SD.

"Kita menjadwalkan sekolah-sekolah di Kota Batu untuk berkunjung ke perpustakaan. Akhirnya, kunjungan sangat meningkat tajam," tambahnya.

Foto Pegawai perpustakaan Umum Daerah Kota Batu sedang merapikan koleksi di Pojok Jagongan literasi, Rabu (6/9/2023).(Foto: Sholeh/ketik.co.id).Pegawai perpustakaan Umum Daerah Kota Batu sedang merapikan koleksi di Pojok Jagongan literasi, Rabu (6/9/2023).(Foto: Sholeh/ketik.co.id).

Perpustakan Umum Daerah Kota Batu berdiri megah di Jalan Kartini sejak Februari 2021. Saat ini perpustakaan seluas 700 meter tersebut memiliki 32 ribu koleksi buku dan ribuan koleksi e-book.

Shanti juga mengungkapkan bahwa Perpustakaan Kota Batu memiliki ruang disabilitas di lantai satu."Kami dapat hibah 100 judul koleksi braille. Koleksi untuk disabilitas," tambahnya.

Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu berkonsep modern dan nyaman. Seperti  di pojok jagongan literasi lantai satu, suasana nyaman begitu terasa.

Jagongan literasi dikonsep ala kafe dengan kursi sofa dan beberapa furnitur menarik. Pengunjung akan betah berlama-lama berdiskusi tentang literasi. 

Sedangkan di lantai dua, terdapat ruang koleksi dan juga ruang membaca, musholla dan toilet. Bagi pengunjung juga disediakan ruang membaca luar ruangan yang menjadi satu dengan cafe literasi.

"Kami menyediakan kopi dan teh gratis bagi pengunjung tapi harus buat sendiri. Selain itu WiFi gratis juga tersedia," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu Kota Batu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu