Peringatan Hardiknas, Dinas Pendidikan Bangkalan Siapkan Expo Pendidikan, Ini Agendanya

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: Naufal Ardiansyah

30 April 2024 00:40 30 Apr 2024 00:40

Thumbnail Peringatan Hardiknas, Dinas Pendidikan Bangkalan Siapkan Expo Pendidikan, Ini Agendanya Watermark Ketik
Technical meeting Hardiknas di Aula Dinas Pendidikan Bangkalan. (29/04/2024). (Foto. Ismail Hs/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Persiapan pelaksanaan Gebyar Expo dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di Kabupaten Bangkalan telah mencapai 90 persen. 

Kepala Dinas Pendidikan, Moh. Yakub, mengungkapkan hal ini saat acara technical meeting di kantor Dinas Pendidikan Bangkalan.

"Kita hanya tinggal menunggu hari pelaksanaannya saja, yang akan berlangsung di Taman Budaya Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Jalan H. Moh. Noer," jelasnya, Senin (29/4/2024).

Tujuan expo pendidikan ini disamping untuk mengeksplorasi seluruh potensi dan prestasi yang telah diraih di dunia pendidikan, mulai dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi. 

Kegiatan ini menurut Yakub untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pendidikan di Kabupaten Bangkalan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," harapnya.

Gebyar Expo Pendidikan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 2 sampai 4 Mei, dengan rangkaian acara meliputi upacara Hari Pendidikan Nasional pada pukul 07:30, dilanjutkan dengan pembukaan expo pendidikan, lomba Tahfidzul Quran, dan penampilan kreasi seni dari PAUD hingga SMA.

Pada tanggal 3 Mei, dilanjutkan dengan Gebyar Inovasi Sekolah menuju Bangkalan Emas. Akan ada presentasi beberapa inovasi siswa yang telah dipilih oleh panitia. Di tingkat SD, 20 inovasi dan di SMP 6 inovasi. 

"Sebenarnya ada 500 inovasi, namun setelah dilakukan penyaringan dan verifikasi, dipilihlah yang terbaik," ucap Yakub.

Disinggung terkait adanya kesimpang siuran  anggaran dari kegiatan ini, apakah menggunakan apbd atau swadaya, Moh. Yakub menegaskan, secara umum kegiatan ini memiliki anggaran, namun hanya cukup untuk satu hari, sesuai dengan yang tertera di DPA.

Namun, karena kegiatan ini digelar selama tiga hari, ada beberapa anggaran di DPA yang tidak bisa diserap karena salah penempatan rekening. "Untuk itu, kami meminta bantuan dari CSR," tutupnya. (*).

Tombol Google News

Tags:

Teknikal meeting Gebyar Expo Pendidikan Hardikanas Dinas Pendidkan Bangkalan